Jokowi: Hadapi Era Kompetisi Dunia, Perlu Kolaborasi Antar Lembaga

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta lembaga-lembaga negara meninggalkan ego sektoral, dan harus meningkatkan kolaborasi serta sinergi antarlembaga untuk menghasilkan karya baru.

Dia menyebut bahwa tantangan Indonesia sudah berbeda di tengah perkembangan dunia yang berlangsung cepat dan keterbukaan. Oleh karena itu, ia menekankan pada semua kalangan agar bersatu memajukan bangsa. “Kita masuk dalam era kompetisi antarnegara yang semakin sengit. Tetapi, kita tidak boleh berhenti berkreasi dan berinovasi,” ungkap Joko Widodo dalam pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Dia mengingatkan bahwa lembaga negara harus check and balances dalam bingkai yang sama yaitu visi besar Indonesia Maju. “Pencapaian visi besar harus kita percepat. Tidak ada jalan lain bagi kita semua, selain meninggalkan cara-cara lama dan beradaptasi dengan cara-cara baru. Kita butuh terobosan-terobosan baru untuk menjawab harapan rakyat yang makin meningkat. Kita butuh lompatan-lompatan kemajuan untuk meningkatkan kepercayaan dan kecintaan rakyat,” papar Jokowi.

Selain itu, Joko Widodo menyebut bahwa Indonesia membutuhkan karya nyata, agar lembaga-lembaga negara menjadi institusi yang kuat dan berwibawa. Untuk menjadi kuat, maka tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri di lintas lembaga. “ Ego lembaga harus diruntuhkan, sehingga karya-karya baru dapat diciptakan bersama-sama sama. Ego sektoral yang terkotak-kotak sudah tidak relevan lagi dan harus ditinggalkan. Kolaborasi dan sinergi antarlembaga harus ditingkatkan” tutur Joko Widodo.

Editor
Selly
Sumber Berita
Beritasatu
Topik Berita

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button
Close