Ini Makna Baju Adat Emas Suku Sasak Jokowi di Sidang MPR 2019

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan baju suku sasak, Nusa Tenggara Barat saat membacakan pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR 2019. Baju adat Jokowi itu tampak mentereng karena berwarna emas. Pakaian adat Jokowi ini memiliki makna dan filosofi yang mendalam.

Pakaian adat pria suku sasak ini disebut dengan pegon. Pegon yang berbentuk seperti jas ini memiliki akulturasi dan pengaruh dari tradisi Jawa dan jas Eropa. Percampuran ini dianggap sebagai lambang keagungan dan kesopanan.

Biasanya pegon memiliki warna hitam polos. Bahan polos ini dimodifikasi di bagian belakangnya sebagai tempat menyelipkan keris. Sebagai penghiasnya, kain songket berbenang emas digunakan di bagian pinggangnya. Penggunaannya bukan untuk tujuan ikat pinggang melainkan untuk penghias atau aksen.

Ikat pinggang ini dikenal juga dengan nama leang. Nama lainnya tampet atau dodot.

Sedangkan untuk kepalanya, seperti pria-pria Bali, pakaian adat suku sasak juga memiliki ikat kepala. Kalau Bali bernama udeng, suku sasak bernama sapuq atau sapuk.

Sapuk merupakan mahkota yang melambangkan kejantanan. Ikat kepala ini juga berfungsi untuk menjaga pikiran pemakainya dari berbagai hal kotor. Ikat kepala di pakaian adat yang dipakai Jokowi ini juga melangkan penghormatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk penggunaan sapuq ini, bisa dibuat dari bahan kain batik, pelung, ataupun songket.

Sebagai bawahannya, pakaian adat ini biasanya memakai songket aneka warna cerah. Namun kali ini untuk busana warna emasnya, Jokowi memadukannya dengan songket berwarna dominan hitam dan emas.

Ini senada dengan warna sapuqnya dalam baju adat Jokowi.

Dalam adatnya, selendang umbak juga disertakan. Namun ini hanya diperuntukkan untuk para pemangku adat atau pengayom masyarakat. Selendang ini melambangkan kebijakan bagi pemakainya dan juga lambang kasih sayang. Selendang ini harus dibuat dengan ritual tertentu dalam ritual keluarga Sasak.

Dalam pakaian adat yang dipakai Jokowi dia menyelipkan keris kecil di dada dan juga gantungan rantai di kantungnya.

Editor
Irwansyah
Sumber Berita
cnn
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button