Akibat Tabrak Burung, Pesawat Airbus Rusia Mendarat Darurat di Ladang Jagung

ABadikini.com, JAKARTA –  Pesawat penumpang Rusia dilaporkan terpaksa mendarat darurat di ladang jagung tanpa ban setelah menabrak sekumpulan burung usai lepas landas di bandara Moskow.

Menlansir dari CNN.com pada Kamis (15/8), Badan Transportasi Udara Rusia menjelaskan, tidak lama setelah lepas landas pesawat Ural Airlines Airbus A321 bertabrakan dengan sekelompok camar. Sebagian burung itu dikatakan terhisap ke mesin.

Russia Today melaporkan pesawat yang berencana menuju Simferopol, Crimea, itu tidak sempat membuang bahan bakar dan mengeluarkan ban. Pesawat terpaksa mendarat di ladang jagung yang jaraknya 1 km dari bandara.

Sebelum mendarat darurat, mesin yang bermasalah dimatikan guna menghindari api di kabin.

CEO Ural Airlines Sergey Skuratov mengatakan skala ‘serangan burung’ pada kenyataannya merupakan sesuatu yang di luar kebiasaan.

“Ini tergolong lumayan langka, itu terjadi mungkin sekali dalam 50 tahun,” ucap Skuratov.

Tidak ada api yang terjadi saat pesawat yang mengangkut 226 penumpang dan tujuh kru ini mendarat menggunakan area perutnya. Meski begitu dilaporkan 74 penumpang, termasuk 19 anak, mengalami cedera.

Kejadian ini mengingatkan kembali insiden pada 2009 yang melibatkan pesawat US Airways Flight 1549 Airbus A320. Pesawat ini menabrak angsa di udara selepas terbang dari bandara New York.

Akibat kejadian itu mesin mati total dan pesawat tidak bisa mendarat di bandara manapun. Pilot memutuskan mendarat di Sungai Hudson dekat Manhattan, sebanyak 155 orang diselamatkan menggunakan kapal.

Editor
Irwansyah
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button