Situasi Memanas, Kemenlu Imbau WNI Tunda Perjalanan ke Hong Kong

Abadikini.com, JAKARTA – Imbas situasi Hong Kong yang memanas, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengeluarkan imbauan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) agar tidak berpergian ke sana bila tidak mendesak. Selain itu, buat WNI yang berada di Hong Kong diharapkan tetap tenang dan waspada.

Situasi Hong Kong memanas akibat demonstrasi jutaan orang yang telah berlangsung selama tiga bulan. Aksi turun ke jalan yang kerap ricuh ini disulut rencana China merancang undang-undang ekstradisi yang memungkinkan tahanan Hong Kong dipindahkan ke China.

Pada Selasa (13/8), demonstran kembali melumpuhkan bandara di Hong Kong. Dampaknya, Tim Renang DKI yang berada di Hong Kong menunda kepulangan serta konser band LANY dan The Vamp yang dijadwalkan digelar hari ini di Jakarta diputuskan ditunda.

Kemenlu mengimbau bagi yang berencana ke Hong Kong agar mencermati perkembangan keamanan terakhir, termasuk melalui aplikasi safe travel Kemenlu.

“Untuk perjalanan yang sifatnya tidak mendesak, sebaiknya ditunda hingga situasi lebih kondusif,” tulis Kemenlu dalam keterangan resmi.

Bagi WNI yang menetap di Hong Kong diharapkan menjauhi lokasi berkumpulnya massa, tidak terlibat dalam kegiatan politik setempat, senantiasa mengikuti imbauan dari otoritas setempat, serta memantau informasi di laman FB KJRI Hong Kong.

Kemenlu juga mengimbau, dalam keadaan darurat, WNI bisa menghubungi hotlineKJRI Hong Kong yang dapat dikontak melalui nomor Whatsapp +852 6894 2799 / +852 6773 0466 / +852 5294 4184 atau melalui Tombol Darurat aplikasi Safe Travel Kementerian Luar Negeri RI.

Editor
Selly
Sumber Berita
cnn
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close