Panglima Hadi: TMMD Merupakan Bakti TNI Terpadu dan Lintas Sektoral

Abadikini.com, SAMARINDA – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemda, dan masyarakat sebagai upaya mendukung program Pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto pada upacara penutupan TMMD ke-105 Kodim 0901/Samarinda TA 2019 di Desa Lok Bahu, Kecamatan Sungai Kunjung, Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (8/8/2019).

Panglima TNI mengatakan bahwa program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat dengan melibatkan semua unsur yang terkait, dan dimulai dari tingkat Desa/Kelurahan. “Sasaran-sasaran yang telah terpilih berdasarkan skala prioritas, diteliti dan dipadukan dengan program Pemerintah Daerah, kemudian dibahas di Forum DPRD untuk disahkan menjadi program TMMD,” ujarnya.

Upacara penutupan TMMD ke-105 Kodim 0901/Samarinda TA 2019 di Desa Lok Bahu, Kecamatan Sungai Kunjung, Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (8/8/2019).

“Perlu dipahami bahwa TNI Manunggal Membangun Desa sudah berjalan selama 39 tahun, pertama kali diawali pada tahun 1980 yang digagas oleh Jenderal M. Jusuf dengan sebutan ABRI Masuk Desa (AMD),” katanya.

 Selanjutnya dijelaskan bahwa dalam pelaksanaannya, TMMD sampai dengan saat ini telah membangun jalan sepanjang kurang lebih 24.391.653 meter, pembuatan parit/irigasi/siring sepanjang kurang lebih 3.572.223 meter dan 7.418 unit jembatan.  Selain itu telah dibangun/direhab 35.166 unit rumah, dipasang 1.209.002 meter pipa air bersih, dibangun 8.162 unit sarana ibadah, 7.786 unit gedung sekolah dan pemasangan jaringan listrik di 15.484 lokasi.

“Adapun pembangunan non fisik yang dilaksanakan berupa penyuluhan/sosialisasi dalam berbagai hal terkait kebutuhan masyarakat serta kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI berharap dengan telah selesainya TMMD ke-105, semua tentunya berharap hasil yang telah dicapai dapat membantu dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. “Apa yang telah dibangun bersama hendaknya dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat dalam jangka panjang,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, selaku Panglima TNI dan atas nama seluruh prajurit TNI, “Saya mengucapkan terima kasih kepada para Pejabat Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta rekan-rekan Media Cetak dan Dlektronik atas dukungan, bantuan, dan partisipasinya,” ucapnya.

“Apresiasi juga saya sampaikan lintas Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian serta Polri. Berkat kerja sama dan sinergi semua komponen bangsa, TNI Manunggal Membangun Desa ke-105 TA 2019 dapat terlaksana dengan baik,” tutupnya.

Di hadapan awak media, Panglima TNI mengatakan bahwa TMMD ke-105 yang dilaksanakan oleh Kodim 0901/Samarinda berupa kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik diantaranya telah membangun jalan sepanjang kurang lebih 1 Km yang dulunya berupa rawa-rawa. “Jalan ini telah menghubungkan 2 Desa yang sebelumnya masyarakat harus jalan berputar sejauh kurang lebih 5 Km.  Dengan adanya jalan ini 2 Desa ini bisa terhubung dengan baik,” ujarnya.

“Kegiatan non fisik berupa penyuluhan terkait bahaya narkoba, bela negara, cinta tanah air dan menciptakan animo masyarakat, animo pemuda dan pemudi agar bisa menjadi anggota TNI,” pungkasnya.

Editor
M Saleh

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker