OTT KPK Malam Hingga Subuh Terkait Impor Bawang Putih

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan mengungkapkan Operasi Tangkap Tangan (OTT) malam hingga dini hari tadi terkait impor bawang putih.

“KPK sebelumnya menerima informasi akan terjadi transaksi terkait dengan rencana impor bawang putih ke Indonesia,” kata Basaria saat dikonfirmasi, Kamis (8/8/2019).

Setelah dilakukan pengecekan informasi yang diterima KPK, ternyata diketahui ada dugaan transaksi menggunakan sarana perbankan.

“Tim KPK mengamankan bukti transfer sekitar Rp2 miliar. Selain itu dari orang kepercayaan anggota DPR-RI ditemukan sejumlah mata uang asing berupa USD yang masih dalam proses perhitungan dan penelusuran,” ungkapnya.

Dalam OTT dari malam hingga dini hari tadi KPK telah mengamankan 11 orang dan telah dibawa ke markas lembaga antirasuah untuk diperiksa lebih lanjut.

“Mereka diamankan sebagai bagian dari kegiatan tangkap tangan di Jakarta dalam dua hari ini. 11 orang terdiri dari unsur swasta, pengusaha importir, supir dan orang kepercayaan anggota DPR-RI, supir dan pihak lain,” paparnya.

Menurutnya KPK mempunyai waktu 1×24 jam untuk menetapkan status orang orang yang terjaring dalam OTT kali ini.

“Perkembangan penanganan perkara ini akan kami informasikan kembali melalui Konferensi Pers. KPK diberikan waktu paling lama 24 jam untuk menentukan status perkara ini, apakah ditingkatkan ke Penyidikan dan siapa saja yang menjadi tersangka,” kata dia.

Editor
Bobby Winata
Sumber Berita
viva

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker