PDIP Solo Mempersilahkan Gibran dan Kaesang Maju di Pilkada

Abadikini.com, SOLO – Nama dua putra Presiden Joko Widodo muncul dalam survei bursa calon Wali Kota Solo. Wali Kota yang juga Ketua DPC PDIP Surakarta, FX Hadi Rudyatmo mempersilakan mereka maju dalam Pilkada 2020 nanti.

“Silakan saja maju menjadi calon wali kota. Kalau memang minat dan masyarakat menginginkan ya sah-sah saja,” kata Rudy saat ditemui di Balai Kota Surakarta, Jumat (26/7/2019).

Rudy mengaku tidak heran nama Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep muncul dalam survei. Sebab mereka adalah anak presiden yang juga mantan Wali Kota Surakarta.

“Namun tidak hanya popularitas yang dibutuhkan, tapi juga elektabilitas. Nanti pada akhirnya yang menentukan juga masyarakat,” katanya.

Dia juga membuka peluang jika Gibran ataupun Kaesang mau maju melalui PDIP. Namun tentu seluruh kandidat harus mengikuti mekanisme partai.

“Kalau PDIP pada prinsipnya terbuka kepada siapapun, termasuk Mas Gibran. Tapi tentunya semua ada mekanisme partai yang harus diikuti,” ujarnya.

Sebelumnya, Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta merilis hasil survei mereka terkait bursa wali kota. Nama bos martabak itu mampu bersaing dengan Wakil Wali Kota Achmad Purnomo dan Ketua DPRD Teguh Prakosa.

Dalam hal elektabilitas, Achmad Purnomo mendapatkan 38 persen, Gibran mendapatkan 13 persen, Teguh Prakosa mendapatkan 11 persen. Sedangkan Kaesang hanya 1 persen.

Editor
Tonny F
Sumber Berita
Detik

Baca Juga

Back to top button