Rencana Italia untuk Buat Aturan ‘Fobia Tanpa Ponsel’

Abadikini.com – Fenomena meningkatnya penggunaan ponsel dan komputer di seluruh dunia menjadi perhatian sebagian besar pihak. Tak terkecuali Gerakan Lima Bintang(M5S), sebuah partai politik populis di Italia.

Demi mencegah berbagai bahaya akibat kecanduan ponsel, gerakan ini merancang draft rencana undang-undang ‘fobia tanpa ponsel.’ RUU ini diusulkan dengan memberikan program pendidikan pada orang tua untuk mendeteksi penggunaan ponsel berlebih pada anak.

Draft RUU ini Menamainya dengan ‘Fobia Tanpa ponsel’ atau sering dikenal dengan sebutan ‘Nomofobia.’ Gerakan ini mencoba untuk mengobati orang-orang yang sudah kecanduan atau takut tidak bisa mendapatkan akses reguler ke jejaring sosial atau aplikasi perpesanan.

Jabaran rencana “pendidikan untuk penggunaan internet dan jaringan sosial” di sekolah dan universitas menjadi fokus RUU ini.

Nomofobia diketahui banyak menyerang kaum muda. Membuat mereka kesulitan tidur dan tidak mendapatkan tidur yang nyenyak.

Data yang diperoleh dari AFP, menyebut bahwa setengah dari orang Italia berusia 15 hingga 20 tahun, menggunakan ponsel sebanyak 75 kali dalam sehari. Ini juga diungkapkan oleh media Italia pada Senin yang mengutip penelitian dari National Association of Technologic Dependance.

Dikutip dari AFP, penelitian menunjukkan, hampir sekitar 61 persen orang Italia menggunakan tablet atau ponsel mereka di tempat tidur. Laporan lain yang diterbitkan pada bulan Juni, menyebut adanya kenaikan menjadi 81 persen untuk pengguna yang berusia 18 hingga 34 tahun.

Dalam draft RUU-nya, M5S mengatakan bahwa kecanduan ponsel sebanding dengan kecanduan judi yang menyebabkan “gangguan pada produksi dopamin.”

  • 5
    Shares
Editor
Selly P
Sumber Berita
CNN
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button