Italia-AS Kerjasama Cegah Kebangkitan Keluarga Mafia Sisilia

Abadikini.com, ROMA – Kepolisian Italia dan otoritas keamanan Amerika Serikat (AS) dilaporkan meluncurkan tindakan keras terkoordinasi terhadap keluarga-keluarga besar mafia di Sisilia. Operasi ini dilancarkan setelah terdeteksinya langkah sejumlah keluarga mafia untuk kembali memperkuat posisi mereka di Sisilia.

Lebih dari 200 polisi, termasuk petugas dari FBI, telah melaksanakan 19 surat perintah penangkapan yang menargetkan klan Inzerillo di ibukota Sisilia, Palermo dan keluarga Gambino yang bermarkas di New York.

Klan Inzerillo, yang terusir ke AS, kembali bangkit setelah kelompok kejahatan terorganisir Sisilia, yang dikenal sebagai Cosa Nostra, tengah dalam kondisi fluks sejak kematian pimpinan Salvatore “Toto” Riina yang meninggal di penjara pada 2017. Klan Inzerillo terusir ke AS, saat Riina melancarkan perang mafia dalam sekala besar di Sisilia pada 1980-an.

“Keluarga itu (Inzerillo) tampaknya sedang berusaha kembali merebut bisnis mereka, yang dibantu oleh sekutu mereka di New York,” kata kepolisian Italia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Rabu (17/7/2019).

“Penyelidikan, yang dijuluki ‘Koneksi Baru’, telah mendaftarkan ikatan kuat yang dibangun antara Cosa Nostra Palermo dan kejahatan terorganisir AS, dengan referensi khusus kepada keluarga kejahatan Gambino di New York,” sambungnya.

Gambino adalah salah satu dari lima keluarga Mafia Italia-Amerika yang bersejarah di New York. Tuduhan masa lalu terhadap operasi keluarga termasuk pembunuhan dan distribusi obat terlarang.

Polisi Italia mengatakan para tersangka yang ditangkap menghadapi serangkaian dakwaan, termasuk keanggotaan mafia, pemerasan, penipuan dan persaingan tidak adil.

Editor
Arkan AW
Sumber Berita
sindonews
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button