Polisi Italia Rampas Rudal 800 Kg Milik Kelompok Pro-Nazi

Abadikini.com, TURIN – Polisi anti-terorisme di Italia merampas rudal air-to-air, senapan mesin dan peluncur roket selama penggerebekan di sebuah rumah kelompok simpatisan Nazi. Misil yang disita itu adalah rudal Matra seberat 800 kilogram.

Tiga orang ditangkap, dua di antaranya dekat bandara Forli. Materi propaganda Neo-Nazi juga disita, dalam penggerebekan.

Media Italia melaporkan, penggerebekan itu merupakan bagian dari investigasi terhadap kelompok ekstremis sayap kanan Italia yang membantu pasukan separatis di Ukraina timur.

Menurut polisi misil Matra adalah jenis senjata yang digunakan oleh tentara Qatar.

Pasukan polisi khusus Turin, yang dikenal dengan nama Digos, memimpin operasi tersebut. Mereka dibantu oleh polisi di Milan, Varese, Forli dan Novara.

Media Italia yang dikutip BBC, Selasa (16/7/2019), menyebut mereka yang ditangkap adalah Fabio Del Bergiolo, 50, seorang mantan petugas bea cukai Italia dan aktivis partai sayap kanan Forza Nuova; Alessandro Monti, 42, berkebangsaan Swiss; dan Fabio Bernardi, 51, warga Italia.

“Selama operasi, sebuah rudal air-to-airdalam kondisi kerja yang sempurna dan (jenis yang) digunakan oleh tentara Qatar disita,” kata polisi dalam sebuah pernyataan.

“Ini adalah penyitaan yang signifikan, dengan beberapa preseden di Italia,” imbuh komisioner kepolisian Turin Giuseppe De Matteis.

Rudal sepanjang 3,54 meter itu dibuat di Prancis. Del Bergiolo berharap bisa menjualnya seharga €470.000.

Editor
Nabila Sarah
Sumber Berita
sindonews
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button