Masjid Raya Bantaeng  Gelar Sholat Gerhana Bulan Rabu Sesudah Sholat Subuh

Abadikini.com, BANTAENG – Gerhana bulan akan muncul pada Rabu 17 Juni dini hari. Masjid Raya Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, akan mengadakan sholat gerhana bulan.

Imam Masjid Ustadz Taufik mengatakan bagi umat Islam, gerhana bulan baik seluruhnya maupun sebagian, bukan hanya peristiwa astronomis namun juga peristiwa ibadah. Dia menganjurkan agar umat Islam melaksanakan sholat gerhana bulan.

“Umat Islam dianjurkan, disunahkan untuk melaksanakan sholat sunah gerhana bulan (khusuf) dan mendengarkan khotbah gerhana,” kata Taufik dalam keterangan resminya, di Masjid Raya Bantaeng setelah sholat Magrib Selasa Malam (16/7/2019).

Di Masjid Raya Bantaeng,lanjut Taufik, salat gerhana bulan akan dilakukan sesudah sholat subuh, pukul 05.30-WIT. Saya sendiri akan jadi imam, sedangkan khatib oleh Ustadz Salahuddin.

Secara umum, pelaksanaan sholat gerhana bulan diawali dengan sholat sunah dua rakaat dan disusul dengan dua khotbah seperti salat Idul Fitri atau sholat Idul Adha. Hanya saja bedanya, lanjut Taufik, setiap rakaat sholat gerhana bulan dilakukan dua kali rukuk. Sedangkan dua khutbah setelah sholat gerhana bulan tidak dianjurkan takbir sebagaimana khotbah dua sholat Id.

Sementara, atas nama sekretaris daerah Kabupaten Bantaeng bidang perekonomian pembangunan Syamsul Suli mengajak umat Islam untuk salat gerhana bulan. Dia mempersilakan masyarakat mengikuti sholat gerhana bulan ini dipusatkan di Masjid Agung Syekh Abdul Gani Kabupaten Bantaeng, pukul 05.30-WIT, sesudah sholat subuh.

“Bagi umat Islam dan sekitarnya Kabupaten Bantaeng dipersilakan untuk melaksanakan sholat gerhana bulan di Masjid wilayah masing masing pelaksanaan sholat gerhana bulan sebagaimana yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah masing masing.” himbaunya syamsul.

Gerhana bulan terakhir tahun ini akan terjadi Rabu dini hari (17/7/19) waktu Indonesia dan berdurasi 2 jam 58 menit. Untuk Asia Tenggara, termasuk Indonesia, durasi penampakan gerhana bulan sebagian ini berbeda dan tampak tidak sempurna. Hal ini lantaran, saat peristiwa bulan sudah akan tenggelam dan matahari mulai terbit.

Merujuk laman resmi BMKG, gerhana bulan sebagian akan dimulai pada pukul 03.01 WIB, puncaknya pukul 4.30 WIB, dan berakhir pada 06.00 WIB. Gerhana bulan sebagian merupakan peristiwa terhalanginya penampakan bulan oleh bayangan Bumi sehingga cahaya Matahari tidak sampai ke Bulan. Peristiwa ini bisa terjadi hanya jika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan pada satu garis lurus. (Mudahri)

Editor
Muhammad Saleh

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker