Gempa Bumi 6,0 SR Guncang Bali, Gapura Nusa Dua Patah

Abadikini.com, BALI – Masyarakat Bali dikagetkan dengan gempa bumi yang terjadi Selasa (16/7/2019) pagi. Getaran gempa terasa cukup kuat sehingga warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah.

Warga sama sekali tidak menyangka bakal terjadi gempa. Berdasarkan data rekaman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempat tersebut berkekuatan 6,0 Skala Richter (SR).

Laman BMKG menjelaskan bahwa gempa terjadi jam 07.18 WIB dengan pusat lokasi di 83 km Barat Daya Nusa Penida, Bali atau tepatnya 9.11 Lintang Selatan dan 114.54 Bujur Timur.

“Kedalaman gempa berada 68 Km, tidak berpotensi tsunami,” terang BMKG.

Sementara itu salah satu warga Bali, Made Budana mengaku kaget saat mengetahui ada gempa. “Tadi pas lagi ada kegiatan adat setelah ngaben nenek di Batubulan, Sukawati, Gianyar. Tiba-tiba terasa ada gempa. Pada lari semua, cukup lama gempanya terasa,” seperti dikutip Abadikini dari laman sindonews.

Wisatawan yang menginap di sejumlah hotel di kawasan Nusa Dua juga sempat berlarian keluar hotel menyelamatkan diri ke halaman. “Tadi pertama cukup keras gempanya, terus pelan, pelan, terus keras lagi. Sekitar 1 menitan terasanya,” kata Angga yang saat kejadian sedang di Nusa Dua.

Bahkan saking kerasnya guncangan menyebabkan sebagian banguan gapura di pintu masuk Nusa Dua patah.

  • 65
    Shares
Editor
Selly P
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button