Bukan Pencitraan Semata, Ini Analisis Pakar soal Jokowi di Medsos

Abadikini.com, JAKARTA – Joko Widodo alias Jokowi dipastikan akan memimpin kembali pemerintahan untuk lima tahun ke depan. Eks gubernur DKI itu dinilai punya keunggulan di media sosial karena penampilan dan aktivitasnya yang tak bisa diam.

Pakar komunikasi dari Lembaga Pemantauan Media Sosial PoliticaWave, Sony Subrata, menilai mantan wali kota Solo itu punya kepribadian yang sederhana. Penampilan ini yang menurutnya membuat warganet memuji di media sosial.

Menurut dia, dikutip dari VIVA, salah satu aktivitas yang menjadi perhatian warganet yaitu saat Jokowi menjalankan ibadah.

“Saya melihat ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap sosok Jokowi sebagai pribadi yang rajin beribadah dan bukan pencitraan semata. Ketaatan beribadah ini tetap dilakukan Jokowi sebelum kampanye pilpres maupun setelah pilpres berakhir,” kata Sony, dalam keterangannya, Jumat (12/7/2019).

Sony menambahkan, usai kegiatan beribadah, Jokowi pun seperti biasa merespons dan menyapa rakyat. Sering kali, Jokowi ramah bila diajak berswafoto dengan rakyat biasa.

“Demikian juga saat diajak berfoto bersama, beliau selalu menyambut dengan senyum, dengan kehangatan seorang sahabat,” tuturnya.

Kemudian, ia pun menganalisis dari tagar #JokowiTetapJokowi yang sempat menjadi trending topic nasional pada Jumat hari ini, 12 Juli 2019. Trending topic ini menguat saat Jokowi dan rombongan menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid At-Taufiq, Senen, Jakarta Pusat.

Saat itu, Jokowi tiba di masjid sekitar pukul 11.56 WIB. Busana yang dikenakannya pun seperti biasa yaitu kemeja putih lengan panjang tergulung dan peci berwarna hitam. Usai melaksanakan ibadah, Jokowi langsung menyapa para jemaah yang hadir. Terlihat, warga sekitar sudah berkumpul di luar dan dalam masjid untuk bertemu.

Dalam momen langka ini, para jemaah dan warga tak menyia-nyiakan kesempatan untuk dapat bertemu kepala negara dengan berjabat tangan atau meminta berfoto bersama.

“Kebiasaan Jokowi yang kerap berpindah-pindah lokasi saat menunaikan ibadah salat, menunjukkan pribadi Jokowi. Para pengguna Twitter menuliskan kalimat-kalimat bernada pujian dan ditambahkan tagar #JokowiTetapJokowi,” tuturnya.

Dari pantauan PoliticaWave, tagar #JokowiTetapJokowi sempat menduduki trending topic Indonesia pada pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB. Dalam kurun waktu tersebut, tagar #JokowiTetapJokowi sudah dikicaukan lebih dari 14.000 kali oleh pengguna Twitter yang menempatkannya pada posisi pertama.

Editor
Irwansyah
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close