Deden Natshir Tak Boleh Menapakkan Kaki Enam Minggu

Abadikini.com, JAKARTA – Kiper Persib Bandung Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby tidak diperbolehkan menapakkan kaki selama enam minggu selama masa pemulihan cedera patah tulang kering.

Dokter Persib Raffi Ghani menjelaskan kiper yang akrab disapa Deden itu merasakan sakit yang berlebih seusai berbenturan dengan gelandang Persija Jakarta Bruno Matos dalam laga lanjutan Liga 1 2019, Rabu (10/7).

“Setelah dilakukan tindakan rontgen dan dipastikan memang ada gambaran patah tulang di sepertiga atau di bagian tulang tibia dan tulang fibula kaki kirinya. Kan ada dua tulang itu di tungkai bawah dan dua-duanya patah, baik itu tulang tibia ataupun fibulanya,” ujar Raffi di Bandung, Kamis (11/7) dikutip CNN.

Setelah itu, lanjut Raffi, Deden akhirnya direkomendasikan untuk menjalani operasi pada pukul 01.00 WIB dan berakhir pada pukul 04.55 pagi tadi.

Bruno Matos (kiri) ketika menjenguk Deden Natshir (kedua dari kiri), asisten pelatih Persija Antonio Claudio (kedua dari kanan), dan manajer Persija Ardhi Tjahjoko. (Dok. Ardhi Tjahjoko)

“Secara teori masa pemulihannya enam bulan. Tapi saya berharap bisa lebih cepat asal pada saat rehabilitasi tidak ada komplikasi apa-apa dan semuanya sesuai dengan harapan,” ujar Raffi.

Dengan masa pemulihan setengah tahun, Deden dipastikan tidak akan tampil lagi di ajang Liga 1 2019 yang direncanakan berakhir pada Desember atau tepat enam bulan.

Menurut Raffi, untuk bisa menyembuhkan kondisi tulang untuk kembali seperti semula, perlu beberapa tahapan agar Deden bisa kembali membela Persib.

“Yang pasti dalam prosesnya tidak boleh menapakkan kaki lebih dulu selama enam minggu dan harus pakai tongkat. Nanti ada masanya lepas tongkat satu, belum otot-ototnya bagian yang cedera harus dilatih lagi. Memang butuh waktu, tapi mudah-mudahan kurang dari enam bulan,” jelas Raffi.

Usai insiden di kotak penalti tersebut, Deden langsung diangkut ambulans menuju RSAL Mintoharjo. Setelah itu Deden kemudian dipindah ke rumah sakit di kawasan Bintaro untuk dioperasi.

Deden dan I Made Wirawan bergantian mengawal gawang Persib pada awal musim Liga 1 2019. Deden sudah bermain tiga kali, sementara Made bermain lima kali termasuk ketika menjadi pengganti dalam laga Persija vs Persib.

Editor
Novel D
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close