Disebut Tidak Kompeten, Trump Ogah Berurusan dengan Dubes Inggris

Abadikini.com, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menyatakan tidak mau berurusan dengan Duta Besar (Dubes) Inggris Kim Darroch. Hal itu terjadi setelah bocornya memo rahasia Dubes Inggris yang menyebut pemerintahan Trump tidak berfungsi dan tidak kompeten.

“Saya tidak mengenal Duta Besar Inggris, tetapi ia tidak suka atau tidak mempunyai pikiran yang baik tentang AS. Kami tidak akan lagi berurusan dengannya,” cuit Trump di Twitter seperti dilansir dari Reuters, Selasa (9/7/2019).

Dalam kesempatan itu, Trump juga menyerang Perdana Menteri Inggris Theresa May yang terkait caranya menangani Brexit dan mengatakan telah mengabaikan nasihatnya.

“Kabar baiknya bagi Inggris yang luar biasa adalah bahwa mereka akan segera memiliki Perdana Menteri baru. Sementara saya benar-benar menikmati Kunjungan Negara yang luar biasa bulan lalu, itu adalah Ratu yang paling saya kagumi!” tulisnya.

Dalam memo rahasia kepada pemerintahnya yang berasal dari 2017 hingga saat ini, Dubes Inggris untuk AS Kim Darroch mengatakan laporan pertempuran di Gedung Putih sebagian besar benar dan bulan lalu menggambarkan kebingungan dalam pemerintahan mengenai keputusan Trump untuk membatalkan serangan militer terhadap Iran.

“Kami tidak benar-benar percaya bahwa pemerintahan ini akan menjadi jauh lebih normal; disfungsional; tidak terduga; lebih sedikit faksi yang terbelah; ceroboh dan tidak kompeten secara diplomatis,” tulis Darroch dalam salah satu memonya.

Penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui siapa dibalik bocornya dua materi rahasia tahun ini. Juru bicara May mengatakan polisi akan terlibat jika ada bukti kriminalitas.

Dua bulan lalu, May memecat Menteri Pertahanan Gavin Williamson setelah diskusi rahasia di Dewan Keamanan Nasional tentang perusahaan telekomunikasi China Huawei yang bocor ke media, dan penyelidikan menyimpulkan bahwa ia bertanggung jawab.

Williamson membantah terlibat dan polisi mengatakan tidak ada alasan untuk investigasi kriminal.

Editor
Arkan AW
Sumber Berita
sindonews

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker