Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Ternate, Masyarakat Berhamburan Keluar Rumah

Abadikini.com, JAKARTA – Masyarakat Ternate, Maluku Utara panik dan berhamburan keluar rumah saat diguncang gempa berkekuatan magnitudo 7,1, Senin dini hari, 8 Juli 2019 waktu setempat.

Samsudin Umar, warga Kelurahan Tanah Tinggi, Ternate Selatan mengatakan gempa yang terjadi membuat perabotan rumah bergetar cukup keras. Bahkan gempa membuat puluhan warga berhamburan keluar rumah.

“Sampai sekarang masih di luar rumah, apalagi ada peringatan tsunami jadi kami memilih untuk tetap waspada,” kata Samsudin seperti dilansir Abadikini dari Tempo.

Iskandar, warga perumahan Dipomart, Tanah Tinggi Barat mengatakan, kekuatan gempa yang mengguncang Ternate ini terasa cukup lama. Hampir semua perabotan dapur di rumahnya jatuh karena kekuatan gempa.

“Dan saat terjadi gempa saya memilih untuk lari keluar rumah,” kata Iskandar.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya mencatat gempa berkekuatan magnitudo 7,1 berada 0.51 derajat lintang utara dan 126,18 derajat bujur timur di kedalaman 10 kilometer. Gempa yang terletak 135 km barat daya Kota Ternate itu berpotensi tsunami.

Editor
Irwansyah

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker