AS Dalam Tekanan Menghadapi Perang Siber Melawan Iran dan China

Abadikini.com, TEHERAN – Iran dan China sepakat bersatu untuk melawan unilaterisme dan hegemoni Amerika Serikat (AS) di bidang teknologi informasi (IT). Langkah Beijing Teheran itu membuat perang siber semakin memanas.

“Republik Islam Iran dan China berdiri dalam satu kesatuan,” kata Menteri Teknologi, Komunikasi dan Informasi (ICT) Iran Mohammad Javad Azari Jahromi pada pekan lalu. “Untuk menghadapi unilateralisme dan hegemoni AS di bidang IT,” ujarnya, seperti dikutip Forbes, Sabtu (6/7/2019).

Komentar serupa juga muncul di pihak Beijing beberapa hari kemudian, ketika Jahromi bertemu dengan rekannya Miao Wei. Para menteri tersebut bertemu untuk membahas “tantangan bersama” dalam menghadapi unilateralisme AS.

“Kita menghadapi tantangan yang sama, jadi kita perlu menemukan solusi bersama,” lanjut menteri Iran tersebut. Dia menuduh Washington menyebarkan hegemoni pada teknologi strategis baru seperti artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Dia juga mengkritik tindakan Washington terhadap Huawei dan ZTE.

Miao Wei, menurut laporan Forbes, menekankan bahwa kerja sama antara kedua negara akan membantu mengatasi ancaman dan tekanan semacam itu.

Menurut media pemerintah Iran, para menteri membahas cara-cara untuk meningkatkan kerja sama di bidang teknologi informasi dan melawan ancaman di dunia maya. Kedua pihak juga sepakat untuk membentuk kelompok kerja bersama untuk menyurvei dan melawan berbagai ancaman.

Pada bulan Mei, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan kepada wartawan setelah bertemu dengan rekannya dari Iran Mohammad Javad Zarif, bahwa China sangat menentang sanksi unilateral AS dan prasangka-prasangkanya. “China memahami kondisi dan kekhawatiran Iran dan menjaga kepentingan sah Iran,” kata Wang Yi.

Meskipun beberapa bahasa dapat diartikan sebagai referensi arus utama, kepentingan IT non-militer, konteksnya sepenuhnya terkait keamanan dunia maya dan muncul ketika ketegangan terus meningkat. Hal itu menjadikan domain siber semakin penting.

Dengan menempatkan risiko teoritis dari Korea Utara di satu sisi, ancaman terbesar terhadap keamanan AS dan sekutunya berasal dari Rusia, China, dan Iran. Hal yang sama berlaku ketika menyangkut keamanan dunia maya, di mana China dan Rusia telah lama menjadi kekuatan terhebat di dunia, tetapi Iran juga menginginkan kursi di meja itu.

Dari perspektif militer, ada hubungan yang jelas. Rusia memasok senjata dan sponsor proksi ke Timur Tengah, dan China sekarang dilaporkan mengincar peran militer yang lebih signifikan di kawasan. China dan Rusia juga menyalahkan AS karena meningkatnya ketegangan dengan Iran.

Sementara itu, integrasi yang terus-menerus dari perang dunia maya dan konvensional telah menjadi berita utama tahun ini, juga di Timur Tengah. Israel meluncurkan serangan rudal untuk membalas serangan siber ofensif, sementara AS melakukan sebaliknya, menanggapi Teheran yang menjatuhkan drone mata-mata dengan serangan siber terhadap sistem kontrol rudal rezim para Mullah.

Dalam domain konvensional, limpahan dari medan perang ke dunia nyata datang dalam bentuk pemberontakan dan terorisme. Sulit untuk merencanakan serta melaksanakan dan biasanya gagal. Dalam domain siber, serangan dapat dipasang pada target lunak di seluruh dunia dengan relatif mudah. Iran sedang belajar dengan cepat dalam hal ini.

Peringatan yang dikeluarkan oleh Komando Siber ​​AS setelah serangan terhadap Iran adalah untuk pengguna Outlook bahwa kemungkinan peretasan terhadap Iran menargetkan jutaan sistem yang belum “ditambal”. Iran pun tidak perlu melawan target keras untuk membalas.

Editor
Selly P

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker