Usia Matang Tapi Pilih Tunda Menikah? Mungkin Ini 7 Alasannya

Abadikini.com – Bagi sebagian orang, menikah masih menjadi hal yang menakutkan. Takut akan keluarga yang nggak suka, status sosial, kebutuhan hidup yang semakin melonjak atau takut untuk jatuh cinta lagi. Menikah memang sunah dan masuk dalam ibadah yang berpahala besar, tapi menikah bukanlah perkara mudah sebab hal ini dilakukan selamanya dan dengan orang yang sama.

Setiap orang memiliki rencana sendiri, apalagi untuk menikah. Ada yang masih ingin menggapai cita-citanya, mengejar karirnya, atau masih berjuang untuk menghalalkan orang yang dicintainya.

Tenang saja, nggak cuma kamu kok yang mengalami hal ini. Berikut ini beberapa alasan mengapa beberapa orang menunda pernikahan meski sudah berusia matang seperti dilansir dari Inibaru.

Standar Sosial Yang Rumit

Yakin deh, menikah itu nggak sesederhana yang netizen bilang. Pernikahan adalah hal yang suci, dan itu butuh banyak pertimbangan. Mungkin penghasilan sudah cukup, calon juga udah ada, tapi kalau kamu belum siap ya nggak usah ikutan apa kata orang. Daripada akhirnya harus menelan kepahitan?

Sedang Berjuang Bersama Demi Masa Depan yang Lebih Mapan

Dengan biaya resepsi yang mahal sekarang ini, alasan berjuang untuk memantaskan diri dengan jerih payah sendiri nggak salah kok. Apalagi jika kamu bukan dari keluarga sultan. Hehe.

Justru dengan berjuang bersama ini menandakan keseriusan kamu dan pasangan kamu untuk selalu mandiri.

Belum Yakin Kamu Mampu Bersama Dia dengan Segala Kekurangan dan Kelebihannya?

Karena saat menikah semua hal pada diri akan terbuka, mulai dari kelebihan hingga kekurangan. Coba tanyakan pada diri sendiri, sudah sanggupkah menerima kekurangan dan kelebihan pasangan? Kalau sudah sama-sama yakin dan nyaman, segala permasalahan pasti bisa dilewati.

Belum Kuat Mental Menghadapi Masalah Rumah Tangga

Semua orang mengharapkan hubungan yang baik-baik saja. Yups, kamu bakal bisa dapatkan itu semua jika memang mental kamu kuat buat menerjang badai dan ombak dalam berumah tangga. Nggak hanya kemantapan secara lahir dan batin, tapi juga seberapa kebal kamu terhadap masalah-masalah yang nantinya akan menghampiri.

Emosi Belum Stabil

Menikah bukan hanya tentang kematangan dan finansial saja, kestabilan emosi juga merupakan hal penting. Membangun keluarga yang harmonis membutuhkan emosi yang stabil lo. Beberapa pernikahan kandas di tengah jalan karena emosi yang nggak bisa dikendalikan. Kamu nggak mau kan jika hal ini terjadi?

Terlalu Mendengarkan Apa Kata Orang

Beberapa dari kamu pasti sering mendapati pertanyaan mengenai kapan nyebar undangan. Menikah adalah komitmen seumur hidup yang harus dijalani dengan bahagia bukan tertekan. Nikmati saja apa yang ada sekarang, dan nggak perlu merasa dikejar-kejar. Biarlah netizen berkomentar ini itu, sebab yang menjalani bukan mereka.

Merasa Belum Waktunya

Entah kenapa kamu mKalau sudah waktunya nanti cincin akan tersemat dijari manis masing-masing di depan penghulu. Nggak perlu cemas, semua sudah ada jodohnya sendiri. Justru jika belum, berarti kamu masih diberi kesempatan untuk memperbaiki diri agar diberikan jodoh yang terbaik pula.

Beberapa alasan ini lumrah untuk kamu yang memang sedang menunda pernikahan. Bagaimana pendapat Millens nih?

Editor
Slasmi
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close