Wah, Petinggi Gerindra Tolak Rekonsiliasi Prabowo dan Jokowi

Abadikini.com, JAKARTA – Anggota Dewan Pembina Gerindra Maher Algadri menolak upaya rekonsiliasi antara calon presiden-wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin usai putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak permohonan kubu 02.

Menurut Maher, dikutip dari CNN, Prabowo Subianto tidak perlu membawa partainya berkoalisi dengan pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin 2019-2024 mendatang. Kata Maher, Gerindra dan Prabowo lebih baik menjadi bagian pihak yang kalah dan tidak meloncat ke kubu pemenang.

“Kalau saya bilang jangan, proses demokrasi itu adalah pemilihan. Jadi yang kalah biar tetap kalah, yang menang, menang,” kata Maher di rumah Prabowo, Jalan Kertanegara, Kamis malam (27/6).

Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh permohonan sengketa Pilpres 2019 yang diajukan Prabowo-Sandi. Dengan demikian, paslon Jokowi-Ma’ruf bakal ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019 oleh KPU.

Maher menjelaskan bahwa demokrasi membutuhkan oposisi. Harus ada pihak yang mengawasi serta mengkritik bilamana ada kekeliruan penyelenggaraan pemerintah.

“Biar yang kalah di luar menjadi oposisi, kalau enggak bukan demokrasi. Masa semua pada kongkow-kongkow. Jangan, yang sehat dong,” kata Maher.

Kata Maher, Prabowo mampu menjadi oposisi yang kuat. Dia merujuk dari total suara yang diperoleh Prabowo-Sandi di Pilpres 2019, yakni sekitar 45 persen. Menurutnya, dengan jumlah pemilih yang begitu besar, Prabowo dan Gerindra dapat menjadi oposisi yang serius.

“Besar sekali, makanya, ini kan bukan masalah Prabowo atau apa, ini masalah 45 persen itu 70 juta lebih. Harus dihargai,” kata Maher “Demokrasi harus selalu ada check and balance, jadi yang kuasa dikontrol oleh oposisi.”

Maher mengakui bahwa di internal Gerindra ada pihak yang berharap menjadi bagian dari pemerintahan Jokowi-Maruf. Meski begitu, ada pula yang menolak.

Maher seolah enggan larut dalam pro dan kontra tersebut. Menurutnya, itu adalah hal yang biasa dalam organisasi.

Maher juga membantah Gerindra sudah mendapat tawaran secara resmi untuk menjadi bagian dari koalisi pemerintahan selanjutnya. Dia pun menampik Gerindra atau Prabowo meminta posisi atau jabatan tertentu.

Perihal agenda pertemuan Prabowo dan Jokowi yang masih abu-abu, Maher tidak mau menanggapi serius. Dia menegaskan bahwa Prabowo dan Jokowi berkawan Baik satu sama lain. Karenanya, pertemuan antara keduanya bukan perkara sulit.

“Enggak ada problem dua duanya, sering ketemu kok. Jadi kalau you bicara ketemu, enggak ada masalah,” ucap Maher.

Editor
Irwansyah

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker