Dari Trump Hingga Putra Mahkota Arab Saudi Beri Selamat ke Jokowi

Abadikini.com, JAKARTA – Para pemimpin dunia peserta forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, memberi ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo karena dipastikan terpilih kembali memimpin Indonesia lima tahun ke depan. Itu setelah pada Kamis malam 27 Juni 2019, Mahkamah Konstitusi menolak gugatan hasil pilpres pasangan Prabowo-Sandi.

Ini memperkuat putusan KPU yang hasil rekapitulasi akhir suara pilpres sebelumnya, yang memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Sebelum berangkat ke Tokyo Kamis malam, Jokowi sempat menonton siaran langsung putusan MK itu lewat televisi di Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta bersama Calon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Dari siaran pers Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmuddin, Kepala Protokol Negara Andri Hadi yang mendampingi dan berada dekat dengan Presiden Jokowi mengatakan bahwa hampir semua kepala negara/kepala pemerintahan saat bertemu Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat.

“Congratulation… congratulation,” ujar Andri Hadi, yang juga eks Duta Besar RI untuk Singapura seperti dilansir Abadikini dari VIVA.

Ucapan dari pemimpin dunia ke Jokowi itu, disampaikan dalam berbagai kesempatan di sela-sela perhelatan KTT G20. Ia mengatakan seperti saat menunggu official welcome dan family photo. Termasuk saat para pemimpin dunia itu  akan memulai Leader’s Side Event.

Para kepala negara/kepala pemerintahan itu di antaranya Presiden Amerika Serikat Donald Trump, PM Jepang Shinzo Abe, Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, PM Australia Scott Morrison, PM Belanda Mark Rutte, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Italia Giuseppe Conte, PM Inggris Theresa May, PM India Narendra Modi dan Presiden Spanyol Pedrosan Chez.

Selain itu, turut pula memberikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi adalah Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Editor
Selly

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker