Peristiwa 27 Juni: Jenderal Soedirman Jadi Panglima TNI hingga Yen Jadi Mata Uang Jepang

Abadikini.com, JAKARTA – Berbagai macam catatan peristiwa atau sejarah penting terjadi setiap harinya, termasuk pada tanggal 27 Juni. Berikut rangkuman yang telah berhasil dilansir Abadikini dari laman Okezone yang mengupas sejarah Jenderal besar Soedirman hingga Yen jadi mata uang negara Jepang.

27 Juni 1596

Seorang penjelajah asal Belanda, Cornelis de Houtman mendaratkan kapal miliknya di Banten. Kedatangannya pun langsung disambut hangat oleh penduduk sekitar. Namun setelah beberapa tabiat kasar yang ditunjukkan awak kapal Belanda, Sultan Banten, bersama dengan petugas Portugis di Banten, mengusir kapal Belanda tersebut.

27 Juni 1871

Jenderal Besar Soedirman/Foto Sejarah

Yen secara resmi ditetapkan sebagai mata uang Jepang. Pemerintah negara Sakura itu pun menetapakan Yen sebagai mata uang berdasarkan Shinka jōrei (peraturan pemerintahan tentang mata uang baru).

27 Juni 1947

Jenderal Soedirman diangkat oleh Presiden Soekarno sebagai Panglima Tentara Nasional (TNI) d Yogyakarta.

27 Juni 1994

Penyair W.S Rendra, dan beberapa rekan aktivisnya ditahan. Hal tersebut dikarenakan demontrasi yang dilakukan di dekat Departemen Penerangan di Jakarta. Kebanyakan dari mereka pun melakukan proters pembredelan kepada beberapa majalah ibukota.

27 Juni 1996

Pesawat luar angkasa Galileo berhasil melewati Ganymede, satelit terbesar planet Jupiter. Ia juga mengambil gambar dan mengungkap struktur detail permukaannya.

Editor
Bobby Winata
Sumber Berita
okezone
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker