Membandingkan Sisi Sehat Brown Sugar dan Gula Putih

Abadikini.com – Beberapa waktu belakangan ini, brown sugar menjadi lebih populer dibanding dengan gula putih. Apalagi ketika minum kopi, bisanya brown sugar lebih disukai karena punya rasa yang khas dan unik.

Ada juga yang bilang kalau brown sugar ini jauh lebih sehat dibanding gula putih. Benarkah?

Analoginya adalah roti berwarna cokelat karena terbuat dari tepung gandum dianggap lebih banyak mengandung serat dari roti putih.

Lalu bagaimana dengan brown sugar atau gula merah dengan gula putih?

Mengutip Daily Meal via CNN, kenyataannya brown sugar dan gula putih memiliki nutrisi yang hampir identik. Satu sendok teh gula merah dan satu sesendok teh gula putih memiliki sekitar 15 kalori dan 4 gram gula.

Selain itu, hampir semua kalori dalam gula merah dan putih berasal dari karbohidrat sederhana.

“Sebagian besar gula tambahan pada dasarnya sama, dan harus dilihat sebagai gula,” kata Dana Harrison, seorang ahli gizi.

“Tubuh tidak membeda-bedakan saat mencerna gula putih atau gula merah. Dibanding mencari mana yang lebih sehat buat Anda, lebih penting untuk memahami bagaimana gula masuk ke dalam diet dan gaya hidup.”

Jadi apa bedanya antara gula putih dengan gula merah? Bahan kimia. Gula putih mengandung sukrosa 99 persen. Sedangkan gula merah pada dasarnya hanya mengandung sedikit gula. Oleh karenanya brown sugar memang mengandung nutrisi lebih banyak karena molase seperti kalsium, kaliun, zat besi, dan magnesium. Sedangkan gula putih tidak. Namun nutrisi ini baru bisa terlihat dalam jumlah tertentu sehingga pada dasarnya perbedaan tersebut bisa diabaikan.

Molase yang terkandung dalam brown sugar muda mengandung sekitar 3,5 persen molase sedangkan pada brown sugar gelap mengandung 6,5 persen molase.

Editor
Selly
Back to top button