Membayangkan Membunuh Atasan Kantor ternyata Baik untuk Kesehatan

Abadikini.com – Masalah di tempat kerja seringkali membuat seseorang kesal dengan atasannya. Tidak jarang dari mereka bertengkar dan mengganggu profesionalitas di tempat kerja.

Mengejutkannya, menurut seorang psikolog kriminal di University College London, Dr. Julia Shaw, membayangkan untuk membunuh atasan di tempat kerja ternyata suatu hal normal, bahkan baik untuk kesehatan. Hal ini diungkapkan Shaw di Festival Ilmu Pengetahuan Cheltenham Inggris.

Ia mengungkapkan, pikiran jahat seperti itu justru benar-benar membantu menumbuhkan empati terhadap korban imajinasi tersebut. Hal ini membuat seorang akan membayangkan seperti apa konsekuensinya, dan membayangkan seperti apa rasanya benar-benar melakukan pembunuhan itu.

Tapi, lanjut Shaw, kebanyakan orang tidak akan melakukannya setelah membayangkan konsekuensinya. Ia mengatakan bahwa kemampuan untuk merenungkan tindakan dan konsekuensi potensial mereka adalah penting untuk membuat keputusan yang baik.

Hal itu yang membedakan kita dari hewan dan yang sakit secara psikologis. Semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk menganalisis pilihan masa depan, kita akan lebih siap ketika saatnya tiba untuk membuat keputusan yang butuh penilaian penting.

“Sekarang adalah waktunya untuk bergulat dengan moralitasmu dan melakukan pemeriksaan kesehatan, karena kamu tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Kamu tidak tahu keputusan cepat macam apa yang mungkin kamu buat nanti,” kata Shaw.

Editor
Rafael N
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker