3 Fakta Paket Perdamaian Jared Kushner untuk Timur Tengah

Abadikini.com – Penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner akan mengungkap bagian pertama dari rencana perdamaian Timur Tengah selama konferensi Bahrain minggu depan.

Dalam wawancara eksklusif dengan Reuters, dikutip 23 Juni 2019, Kushner menguraikan jalur untuk pengembangan ekonomi rapuh di wilayah Palestina dan tiga negara tetangga Arab.

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang “visi ekonomi,” yang diambil dari dokumen Gedung Putih dan dijelaskan secara eksklusif oleh Kushner dan para pembantunya, untuk dipresentasikan selama pertemuan 25-26 Juni di Manama, Bahrain.

1. Investasi Rp 707 Triliun di Timur Tengah

Negara-negara donor dan investor akan menyumbang sekitar US$ 50 miliar (Rp 707 triliun), dengan US$ 28 miliar (Rp 396 triliun) untuk wilayah Palestina di Tepi Barat dan Gaza, US$ 7,5 miliar (Rp 106 triliun) ke Yordania, US$ 9 miliar (Rp 127 triliun) ke Mesir, dan US$ 6 miliar (Rp 84,8 triliun) untuk Lebanon.

Gedung Putih berharap negara-negara Teluk yang kaya akan menjadi salah satu donor terbesar. Kushner mengatakan bahwa Amerika Serikat juga akan mempertimbangkan untuk berkontribusi.

Uang yang dihimpun melalui upaya internasional ini akan ditempatkan dalam dana yang baru dibuat untuk meningkatkan ekonomi wilayah Palestina dan ketiga negara tersebut. Ini akan dikelola oleh bank pembangunan multinasional. Dana akan dikelola oleh dewan gubernur yang ditunjuk yang akan menentukan alokasi berdasarkan proposal proyek.

US$ 15 miliar (Rp 212 triliun) dari total akan berasal dari hibah, US$ 25 miliar (Rp 212 triliun) dalam pinjaman bersubsidi, dan sekitar US$ 11 miliar (Rp 155,5 triliun) akan masuk melalui modal swasta.

2. Rencana 179 Proyek pembangunan di Arab

Akan ada 179 proyek pembangunan ekonomi akan didanai, termasuk 147 untuk Tepi Barat dan Gaza, 15 untuk Yordania, 12 untuk Mesir, dan 5 untuk Lebanon.

Proyek-proyek termasuk infrastruktur, air, listrik, telekomunikasi, pariwisata dan fasilitas medis, antara lain.

Puluhan juta dolar akan disisihkan untuk beberapa proyek yang dimaksudkan untuk mendekatkan hubungan antara Jalur Gaza dan Sinai Mesir melalui layanan, infrastruktur, dan perdagangan.

Saluran listrik dari Mesir ke Gaza akan ditingkatkan dan direhabilitasi untuk meningkatkan aliran listrik.

Kushner juga mengusulkan eksplorasi untuk menggunakan zona industri Mesir yang ada dengan lebih baik untuk mempromosikan perdagangan antara Mesir, Gaza, Tepi Barat dan Israel, tetapi Kushner tidak merinci zona-zona yang dimaksud.

Usulan lebih lanjut untuk Mesir adalah untuk mendukung perluasan pelabuhan dan insentif bisnis untuk pusat perdagangan Mesir di dekat Terusan Suez, serta untuk mengembangkan fasilitas pariwisata Sinai di dekat Laut Merah.

3. Palestina untuk wisata

Dalam rencana ini, Palestina akan berpotensi diubah menjadi tujuan wisata global yang sukses, dan Kushner mengusulkan US$ 950 juta (Rp 13,4 triliun) dalam bentuk hibah dan pinjaman untuk mengembangkan industri pariwisata Palestina. Rencana ini berusaha untuk memperbaiki dan mengembalikan situs bersejarah dan keagamaan dan daerah pantai.

Jika dilakukan, rencananya akan menggandakan produk domestik bruto Palestina dalam 10 tahun, menciptakan lebih dari 1 juta pekerjaan di Tepi Barat dan Gaza, mengurangi pengangguran menjadi satu digit dan tingkat kemiskinan sebesar 50 persen, menurut dokumen dan pejabat.

Kushner mengambil pendekatan dua fase untuk rencana perdamaian Trump Timur Tengah. Fase berikutnya akan menjadi bagian politik yang jauh lebih sensitif, yang berurusan dengan beberapa isu inti dari konflik Israel-Palestina. Namun waktu untuk fase itu masih belum jelas.

Jared Kushner ingin mendapatkan umpan balik atas rencananya dari berbagai menteri keuangan dan perwakilan lembaga investasi yang akan menghadiri lokakarya, dan mengukur peningkatan apa yang mungkin diperlukan untuk mendapatkan dukungan yang lebih luas bagi untuk paket perdamaian Timur Tengahnya.

Editor
Irwansyah
Sumber Berita
Tempo

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker