Dituding Melakukan Konspirasi Tuan Rumah Piala Dunia, Michel Platini Akhirnya Dibebaskan

Abadikini.com – Mantan ketua asosiasi sepakbola Eropa (UEFA) dan legenda Juventus Michel Platini dibebaskan dari tahanan kepolisian Prancis, Rabu (19/6/2019) dini hari WIB. Dia dilepaskan setelah beberapa jam diperiksa atas dugaan tindak kriminal menyangkut pemberian hak tuan rumah Piala Dunia 2022 kepada Qatar.

Pembebasan Platini tersebut dilihat oleh seorang jurnalis fotografer Reuters. Dalam keterangan saksi, Platini meninggalkan kantor polisi setempat di mana ia ditahan untuk diinterogasi pada hari Selasa kemarin.

Pengacara Platini William Bourdon mengatakan, kliennya tidak bersalah atas semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya. Bourdon menyebut interogasi yang dilakukan pihak kepolisian semata-mata dengan alasan teknis.

“Ini proses yang panjang tetapi mengetahui jumlah pertanyaan maka ini bisa lebih panjang karena saya ditanya tentang EURO 2016, Piala Dunia di Rusia, Piala Dunia Qatar, dan FIFA,” kata Platini dipetik France 24.

Ada pun yang memimpin penyelidikan kasus ini adalah kantor kejaksaan keuangan nasional Prancis. Mereka sedang berupaya mencari kemungkinan pelanggaran termasuk korupsi pihak swasta dan konspirasi.

Penunjukkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 menjadi kontroversi. Qatar dituding membeli suara dalam bidding sehingga mengalahkan Amerika Serikat pada 2010.

Sebenarnya, selain Piala Dunia 2022 di Qatar nanti, Piala Dunia 2018 di Rusia juga ditengarai bermasalah, tetapi akhirnya tetap digelar.

Penahanan Platini sendiri merupakan rangkaian skandal yang juga melibatkan mantan presiden FIFA Sepp Bletter. Diketahui, pada 2015 lalu, Bletten dan Platini dilarang terjun ke dunia sepakbola selama delapan tahun menyusul dugaan suap untuk mempertahankan nama orang pertama di tubuh FIFA.

Editor
Rafael N

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker