Hakim MK Minta Publik Awasi Sidang Sengketa Pilpres

Abadikini.com, JAKARTA – Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), I Dewa Gede Palguna meminta semua pihak memantau dan mengawasi jalannya sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 yang mulai digelar besok, Jumat (14/6/2019).

Menurut Gede Palguna, sidang sengketa pilpres 2019 ini sangat terbuka untuk publik. Bahkan, masyarakat dapat menyaksikan jalannya sidang tersebut lewat berbagai media.

“Sekarang sidang MK bisa live streaming lewat Youtube, dan juga buka Mahkamah Konstitusi Channel live semua akan kelihatan di situ,” kata Gede Palguna di gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2019).

Menurut Gede Palguna, semua sidang di MK diperlakukan sama terbuka di depan publik sehingga tidak ada yang ditutupi.

“Semua berada di bawah pengawasan publik karena kami ingin (sidang) ini seterbuka mungkin. Sesungguhnya dalam sidang apapun memang kami sudah seperti itu memperlakukannya, hanya karena ini sidang sengketa pilpres jadi ramai beritanya,” ujar Gede Palguna.

Dia juga menegaskan, independensi dan imparsialitas hakim itu adalah harga yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

“Sebab kalau itu hilang dari lembaga pengadilan apapun, lebih-lebih Mahkamah Konstitusi, maka marwah peradilan itu akan hilang. Jadi itu bukan sesuatu hal yang tidak bisa ditawar-tawar,” tegas Gede Palguna.

Cara mengecek independensi dan imparsial Hakim, kata Gede Palguna, sangat mudah yakni semua pihak hanya tinggal benar-benar mengikuti jalannya persidangan yang bisa disaksikan secara langsung dan terbuka.

“Cara mengeceknya gampang, ikuti persidangan, ikuti putusan, baca pertimbangan hukumnya, kemudian kaitkan dengan amar putusan. Caranya kan gitu seperti melakukan apa semacam diseminasi terhadap putusan untuk melakukan itu. itu saja,” kata Gede Palguna.

Editor
Novel D
Sumber Berita
beritasatu
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button