Planet Jupiter Terlihat Terang Pekan Ini, Bisa Dilihat Mata Telanjang

Abadikini.com, JAKARTA – Pekan ini planet Jupiter akan terlihat cukup terang dengan teleskop kecil ataupun teropong, bahkan dengan mata telanjang. Mengutip laman Forbes, Senin, 10 Juni 2019, planet itu memiliki ukuran 11 kali dari ukuran Bumi yang saat ini mencapai oposisi atau ketika Bumi berada tepat di antara Jupiter dan Matahari.

Akibatnya, Jupiter bisa bersinar paling terang sepanjang tahun, dan selama beberapa minggu akan tetap menjadi objek yang luar biasa. Jupiter malam tadi terbit di timur saat Matahari terbenam dan terbenam di barat saat Matahari terbit.

Selama beberapa minggu, planet itu akan terlihat hampir sepanjang malam. Dan pemandangannya luar biasa. Ini adalah planet kelima di tata surya, tapi apakah selalu di tempatnya sekarang? Bagaimana bisa begitu besar?

Jupiter merupakan planet raksasa, karena itu disebut sebagai Jove yang artinya dewa langit dan guntur, raja para dewa dalam mitologi Romawi. Jupiter memiliki 79 bulan, sejauh ini gaya gravitasi terkuat dari planet mana pun di tata surya, bahkan memiliki cincin seperti Saturnus (meskipun sulit untuk dilihat).

Mengutip dari Tempo, Selasa (11/6), Namun, penelitian menunjukkan bahwa Jupiter sebenarnya memulai hidupnya sebagai asteroid es yang jauh dari Matahari. Seperti yang dicatat NASA dalam sebuah posting blog yang merinci kiat-kiat pengamatan langit Juni, Jupiter akan sejajar dengan Bumi dan Matahari, berdiri di samping Bumi dan bintang berapi-api dalam garis lurus yang sempurna.

Laman Smithsonian Mag, menyebut fenomena ini  terjadi hanya sekali setiap 13 bulan dan menemukan raksasa gas itu dalam jarak terdekat ke Bumi. Yang paling penting bagi penggemar ruang angkasa, oposisi menandai kondisi tampilan Jupiter paling optimal tahun ini, dan memungkinkan pengamat yang dilengkapi teropong untuk dengan mudah melihat planet ini.

 

Editor
Selly

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker