Penantian 14 Tahun Liverpool Kembali jadi Raja Eropa

Abadikini.com, JAKARTA – Liverpool akhirnya memastikan diri jadi juara Liga Champions musim 2018/2019. Gelar ini didapat usai menundukkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0 di partai final yang dihelat di Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Minggu dini hari WIB, 2 Juni 2019.

Kemenangan ini sekaligus menjadi puncak dari kejayaan pasukan Juergen Klopp di musim ini. Meski gagal juara Premier League, The Reds sejak awal menjadi kandidat kuat untuk membawa pulang trofi Si Kuping Lebar.

Kegagalan di musim lalu lantaran kalah dari Real Madrid jelas menjadi cambuk bagi Mohamed Salah cs. Tentu, mereka tak ingin mimpi buruk itu terulang.

Beruntung, Liverpool mampu mewujudkan mimpi tersebut pada musim ini. Gelar ini jadi yang keenam bagi The Reds di kompetisi tertinggi Benua Biru.

Perjalanan The Reds mencapai titik ini jelas tak mudah. Jordan Henderson cs lolos ke fase knockout dengan status runner-up Grup C di bawah Paris Saint-Germain.

Barulah di fase gugur, armada Juergen Klopp menunjukkan tajinya. Liverpool melewati adangan Bayern Munich, FC Porto, dan yang paling sensasional dengan mengalahkan Barcelona di semifinal.

Sempat kalah 0-3 di leg pertama, Liverpool mampu bangkit dan menang 4-0 di leg kedua. Comeback luar biasa itu bahkan masih menyakiti hati Lionel Messi.

Ini memang gelar keenam bagi Liverpool di Liga Champions. Tapi, ingatkah Anda kapan terakhir kali Liverpool menjadi jawara Eropa?

Jika Anda lupa, peristiwa bersejarah itu terjadi tepat 14 tahun lalu, yakni pada 2005. Lagi-lagi, Liverpool mencetak salah satu comeback paling dramatis dalam cerita Liga Champions.

Kala itu, Liverpool sempat tertinggal 0-3 di babak pertama dari AC Milan. Tapi, secara heroik mereka menyamakan kedudukan di babak kedua hanya dalam tempo enam menit. Kemudian, Liverpool bisa juara berkat memenangkan adu penalti.

Setelah juara, penampilan Liverpool menurun di kompetisi domestik yang membuat mereka kerap gagal lolos ke Liga Champions. Dan baru bersama Juergen Klopp, The Reds bangkit hingga mencapai tahap ini.

Editor
novel d
Sumber Berita
viva

Baca Juga

Back to top button