China Sebut Perang Dagang Tak Bikin ‘America Great Again’

Abadikini.com, JAKARTA – China menyebut perang dagang hingga kini belum mampu membuat Amerika hebat lagi atau America Great Again seperti yang diserukan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Sebaliknya, menurut China, perang dagang justru merusak ekonomi AS.

China juga mengatakan pada hari Minggu (2/6), ingin menginginkan penyelesaian sengketa dagang dengan AS melalui negosiasi. Namun, mereka mengaku tak akan memberikan kompromi pada prinsip-prinsip yang bersifat inti.

Negosiasi antara kedua negara selama ini tak berjalan lancar, perselisihan antara kedua negara justru semakin memanas setelah Trump memberlakukan tarif impor baru atas barang China dan memasukkan perusahaan teknologi China dalam daftar hitam karena masalah keamanan nasional.

“Langkah-langkah tarif (AS) belum mendorong pertumbuhan ekonomi Amerika. Sebaliknya, mereka telah melakukan kerusakan serius pada ekonomi AS. Perang dagang belum ‘membuat Amerika hebat lagi”, (merujuk slogan politik Trump),” kata pemerintah China dalam sebuah buku putih, dikutip dari AFP via CNN, Ahad (2/6/2019).

Rilis buku putih ini muncul sehari setelah China mengenakan tarif impor kepada barang AS senilai US$ 60 miliar dari lima hingga 25 persen, sebagai balasan atas kenaikan tarif impor yang dilakukan AS lebih dulu menjadi 25 persen.

Trump mendorong perang dagang tahun lalu dalam upaya untuk mengurangi defisit perdagangan AS dengan China. AS pun memaksa Beijing untuk melakukan reformasi ekonomi, menuduhnya berusaha mendominasi industri global dengan subsidi negara yang tidak adil dan memperoleh teknologi Amerika melalui pencurian atau transfer paksa.

Sejak Trump melepaskan tembakan pertama, kedua negara telah saling mengenakan tarif pada perdagangan antara keduanya senilai ratusan miliar dolar.

Konflik yang dihasilkan telah menghancurkan ekspor pertanian AS ke Cina, dan membebani sektor manufaktur di kedua negara.

Sementara kedua belah pihak berusaha untuk menemukan resolusi melalui beberapa putaran negosiasi, mereka tampaknya macet setelah pertemuan terakhir berakhir tanpa kesepakatan.

Pada perundingan, Amerika menuduh rekan-rekan Cina mereka mengingkari komitmen sebelumnya, tetapi Cina mengatakan Minggu bahwa AS harus memikul tanggung jawab atas kemunduran dalam negosiasi.

Di luar tarif

Meskipun ada ketegangan, China telah menegaskan kembali bahwa mereka ingin menyelesaikan masalah perdagangan melalui pembicaraan.

“Tentang gesekan perdagangan yang dimulai oleh AS, jika AS ingin berbicara, kami akan tetap membuka pintu. Jika mereka ingin melawan, kami siap,” Menteri Pertahanan Tiongkok Jenderal Wei Fenghe mengatakan pada dialog keamanan internasional di Singapura pada hari Minggu .

Buku putih itu juga mengatakan Cina tidak ingin perang dagang, tetapi tidak takut satu dan akan berperang jika perlu.

Dengan pembicaraan perdagangan macet, sengketa tampaknya menyebar di luar tarif.

Beijing mengatakan akan mengungkap daftar “entitas yang tidak dapat diandalkan”, sebagai kelanjutan dari penetapan Huawai AS dalam daftar hitam mereka karena masalah keamanan nasional, khususnya terkait kemungkinan hubungan dengan militer China.

Perusahaan telah menepis kekhawatiran tersebut, yang juga ditekankan oleh Wei.

“Jangan mengira bahwa karena kepala Huawei dulu bertugas di militer, maka perusahaan yang ia bangun adalah bagian dari militer,” katanya.

Editor
Selly

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker