Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Kapal Laut Melonjak 30%

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan, hingga H-5 Lebaran terjadi lonjakan penumpang pada angkutan moda laut. Lonjakan terjadi pada kota- kota seperti Makassar, Pangkalan Bun, dan Samarinda.

“Untuk sektor angkutan moda laut memang ada lonjakan. Tercatat, beberapa kota besar seperti Makassar, Pangkalan Bun dan Samarinda mengalami peningkatan. Persentase peningkatannya sebesar 9 hingga 30 persen,” ucap Menhub seperti dilansir Abadikini dari laman Beritasatu.com, Sabtu (1/6/2019).

Menhub mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemhub) menggeser beberapa kapal-kapal yang ada di Indonesia Bagian Timur.

“Kita sudah antisipasi dengan menggeser kapal-kapal yang ada di Indonesia Bagian Timur, namun tetap memperhatikan juga lonjakan penumpang di Indonesia Bagian Timur khususnya di daerah Papua,” jelas Menhub.

Menhub menambahkan, kota lain yang harus diperhatikan juga adalah di Madura dan Batam. Untuk mengatasi lonjakan penumpang kapal di dua kota tersebut, Kembuh telah menyiapkan kapal tambahan untuk melayani penumpang.

“Yang harus diperhatikan juga yaitu daerah Madura dan Batam, daerah Madura itu dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Kangean banyak sekali penumpangnya, untuk itu kita tambahkan kurang lebih 5 kapal. Sedangkan untuk Batam kita tambahkan 1 kapal,” kata Menhub.

Editor
Irwansyah
Sumber Berita
beritasatu
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close