Warga Minta Sembako Murah Tiap Tahun Digelar

Abadikini.com, MANGGAR – Sebanyak 12.247 paket sembako murah bersubsidi didistribusikan ke keluarga penerima manfaat di 7 kecamatan di Kabupaten Belitung Timur. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Beltim, Burhanudin dalam Operasi Pasar Murah di Halaman Taman Segitiga Kecamatan Manggar, Senin (27/5/19).

Paket sembako murah tersebut berisi 5 kilogram (kg) beras, 2 kg gula pasir, 2 kg tepung terigu, dan 2 liter minyak goreng. Jika harga normal di pasaran mencapai Rp 120 ribu, namun hanya dijual seharga Rp 36 ribu.

Harga Rp 36 ribu sudah seusai dengan kajian dari Kantor Jasa Penilai Publik. Total anggaran untuk subsidi operasi pasar murah yang disiapkan mencapai Rp 1,5 milyar.

Seluruh paket dibagikan dengan menggunakan kupon. Kupon sebelumnya sudah disebar ke 39 desa yang ada di Kabupaten Beltim, sesuai dengan jumlah keluarga penerima manfaat.

Salah seorang penerima paket, Sahabuddin (66) mengatakan sangat terbantu dengan adanya sembako murah dari Pemkab Beltim. Warga Desa Kurnia Jaya tersebut mengaku baru pertama kali dapat bantuan sembako.

“Murah benar harganya, baru tahun ini dapat. Alhamdulillah kami sangat senang terima kasih Pemda sudah bantu, mudah-mudahan tahun depan ada lagi,” ucapnya kepada Diskominfo Beltim.

Kakek yang sudah tak mampu lagi bekerja itu berharap bukan hanya sembako murah yang diadakan, namun juga daging sapi murah. Menurutnya harga barang kebutuhan yang tinggi jelang Idulfitri membuat warga berharap pemerintah rutin mengadakan pasar murah.

“Kalau bisa sih daging sapi murah ada, atau daging beku. Kami benar-benar berharap dengan pemerintah supaya warga seperti kami tidak terlalu terbebani,” kata Sahabuddin.

Wakil Bupati Beltim, Burhanuddin menyatakan operasi pasar murah merupakan salah satu upaya untk menstabilkan harga bahan pokok strategis. Kegiatan tahunan ini merupakan tindakan antisipasi kenaikan harga, baik saat Ramadan ataupun jelang Idulfitri.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemkab Beltim dengan Bulog Kansilog Belitung. Jumlah penerima manfaat sesuai dengan jumlah basis data terpadu penanggulangan kemiskinan Kabupaten Beltim,” jelas Wabup dalam sambutannya.

Aan sapaan akrab Wabup menekankan di dalam paket sembako murah tidak terdapat komuditas daging sapi beku seperti perencanaan awal. Hal ini dikarenakan terkendala pada Surat Penugasan Pemerintah Pusat ke Bulog yang hanya untuk daging kerbau beku.

“Sedangkan masyarakat Beltim belum familiar dengan daging kerbau. Karena permasalahan tersebut, Pemkab Beltim membuat langkah strategis dalam menjaga stabilitas harga daging sapi di pasaran, salah satunya dengan bantuan daging sapi CSR,” ujar Aan. @2!

 

Editor
Muhammad Irwan

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker