Daging Sapi Murah Untuk Warga Kurang Mampu

Abadikini.com, MANGGAR – Sebanyak 10 ekor sapi sumbangan dari pihak ketiga diserahkan secara simbolis oleh Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza kepada Ketua Tim Satgas Pangan Kabupaten Beltim, AKP. Ferey Hidayat di Halaman Kantor Bupati Beltim, Jum’at (25/5/19) lalu.

Sapi-sapi tersebut akan dikumpulkan dulu di rumah potong Desa Padang Kecamatan Manggar. Setelah terkumpul semua nantinya dipotong untuk dijual kepada keluarga kurang mampu dengan harga Rp 90 ribu per kilogram.

“Kita utamakan untuk keluarga kurang mampu dulu. Harganya Rp 90 ribu untuk daging, Rp 80 ribu untuk tulang iga dan Rp 40 ribu untuk tetelan,” kata Ferey kepada Diskominfo Beltim dan wartawan seusai acara simbolis penyerahan sapi.

Ferey yang merupakan inisiator program sumbangan corporate social responsibility (CSR) tersebut menargetkan setidaknya ada 30 ekor sapi yang akan diterima. Sumbangan CSR sapi didapat dari perusahaan tambang, perkebunan, hiburan, hotel dan rumah makan serta SPBU yang ada di Kabupaten Beltim.

“Saat ini sudah ada 10 ekor sapi. Kalau kita kirimkan proposalnya ke 25 perusahaan, kita lihat animo perusahaan sangat positif untuk membantu lewat program CSR ini,” ungkap Ferey.

Kasat Reskrim Polres Beltim itu menyatakan belum bisa memastikan kepan daging sapi akan dijual. Hasil penjualan sapi akan dipergunakan untuk membeli sembako untuk dibagikan kepada warga kurang mampu.

“Nanti kita lihat dulu, sampai semuanya terkumpul. Teknis lebih jelasnya di Dinas Perdagangan (Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan-red), saya hanya sebagai pengawas dan penindakan,” ujar Ferey.

Tekan Harga Dengan Program Daging Sapi dan Sembako Murah

Bupati Beltim, Yuslih Ihza mengatakan program CSR bantuan sapi untuk warga kurang mampu baru tahun ini dilaksanakan. Tujuannya semata-mata untuk menekan harga sapi yang tinggi menjelang hari raya Idulfiri.

“Kita sudah menerima dari para pihak ketiga selaku pelaku usaha. Selanjutnya tadi sudah saya serahkan kepada Tim Satgas Pangan Kabupaten Beltim. Ini adalah salah satu upaya kita untuk mengatasi masalah tingginya harga sapi saat Idulfitri ini,” kata Yuslih.

Yuslih berharap dengan banyaknya daging sapi yang dijual di pasaran akan membuat harga daging sapi jadi terkendali. Mengingat saat jelang Idulfitri tahun 2018 lalu harga daging sapi mencapai Rp 160 ribu perkilogram.

“Mudah-mudahan dengan berkurangnya permintaan, harga sapi juga tidak akan terlalu tinggi. Apalagi banyak masyarakat yang dak mampu yang sudah kita bantu,” harap Yuslih.

Selain penjualan daging sapi murah, warga kurang mampu di Kabupaten Beltim juga akan memperoleh bantuan sembako murah. Pemkab Beltim sudah menyiapkan 12.247 paket sembako murah untuk warga kurang mampu.

“Pembagiannya kita lakukan mulai Senin (27/5/19) Besok. Kita sudah siapkan anggaran sekitar Rp 1,5 milyar,” ungkap Yuslih.

Paket seharga Rp 30 ribu tersebut berisi 5 kg beras, 2 kg gula pasir, 2 liter minyak goreng, dan 2 kg tepung terigu. Jika di pasaran harganya mencapai Rp 120 ribu.

“Alhamdulillah program ini baru ada sejak saya menjabat. Kita ingin agar warga yang kurang mampu juga dapat merasakan berkah di Bulan Ramadan dan menikmati Idulfitri seperti keluarga lain yang layak,” tukas Yuslih. @2!

Editor
Muhammad Irwan

Baca Juga

Back to top button