PBB Bongkar Belasan Kuburan Massal di Irak

Abadikini.com, BAGHDAD – Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dalam laporannya mengatakan, sebuah tim yang mereka bentuk untuk menyelidiki kejahatan organisasi teror ISIS di Irak menemukan setidaknya 12 kuburan massal di negara tersebut.

Dalam laporan yang dikirim ke Dewan Keamanan (DK) PBB, tim itu mengatakan, upaya mereka di kawasan itu difokuskan pada tiga penyelidikan awal. Yakni pembantaian Yazidi pada 2014, kejahatan yang dilakukan di Mosul pada 2016, dan pembunuhan massal militer Irak di Tikrit pada tahun 2014.

Dokumen tersebut, seperti dilansir Anadolu Agency pada Jumat (24/5/2019), berisi bukti yang dikumpulkan dari 12 kuburan massal yang telah digali dan juga keterangan dari kerabat para korban.

Tim itu, dalam laporannya menekankan bahwa mereka siap untuk berbagi bukti dengan negara dan pengadilan terkait untuk mengajukan tuntutan terhadap ISIS atas kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida.

Sejak Oktober 2018, sebuah tim PBB telah bekerja di kawasan itu untuk menyelidiki dan mengkonfirmasi kejahatan ISIS di Irak. Turki, Swedia, Jerman dan Arab Saudi mendukung upaya tim ini dengan spesialis dan pakar intelijen mereka sendiri.

Editor
Arkan AW
Sumber Berita
sindonews

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker