Tips Sabar dan Menahan Diri Agar Tak Terpancing Provokasi

Abadikini.com,- Informasi yang simpang-siur bisa membuat kerusuhan di Jakarta dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk memancing provokasi.

Padahal, saat ini masih dalam suasana bulan Ramadan. Umat muslim yang berpuasa pun tidak hanya sekadar diminta menahan lapar dan haus, namun juga hawa nafsu.

Psikolog dari klinik Personal Growth, Veronica Adesla, mengatakan sabar dan menahan diri merupakan kunci agar tak terpancing provokasi.

“Nah, tips untuk bisa sabar dan menahan diri itu, bisa dengan melakukan mindfullness,” ungkap Veronica saat berbincang dengan Suara.com.

Veronica pun menjabarkan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan mindfullness. Berikut penjabarannya:

1. Cari tempat yang tenang dan aman.

2. Tarik napas dan buang napas selama 5 – 10 menit, fokuskan pada pernapasan. Lakukan beberapa kali secara pelan dan perlahan.

3. Sadari penuh saat ini ada di mana, sedang apa, ada apa dan siapa di sekitar. Lakukan dengan diam dan perlahan.

4. Fokuskan juga ke 5 indera dengan seksama:
– Mata (melihat) — lihatlah segala sesuatu yang ada di sekitar.
– Telinga (mendengar) — dengarkanlah dengan seksama suara-suara yang terdengar.
– Hidung (menghirup udara dan aroma) — hiruplah udara dengan perlahan dan rasakan serta baui apa aroma yang tercium.
– Kulit (merasakan udara yang menyentuh ataupun sentuhan yang terasa) — tutup mata dan rasakan apa yang terasa di kulit tangan, wajah, kaki, atau ambil / sentuh salah satu benda dan rasakan teksturnya.
– Mulut (mengecap, apa yang dirasakan di lidah ketika minum ataupun makan) — minumlah atau makanlah sesuatu dan rasakan apa yang dikecap.

5. Tutup mata dan fokus kembali pada pernapasan. Rasakan ketenangan yang ada di atmosfer. Dan sebutkan mantra tenang dalam hati. Sebagai contoh, Anda bisa menyebutkan “Saya sabar, saya berserah, saya menyerahkan semuanya kepada kehendak Allah/Tuhan.”

6. Rasakan ketenangan di dalam tubuh, hati dan jiwa.

Dikatakan Veronica, langkah-langkah ini bisa dilakukan berulang kali jika dirasa perlu. Bagaimana, tertarik mencoba langkah-langkah mindfullness seperti ini?

Editor
Selly
Sumber Berita
Suara
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker