Komnas HAM Selidiki Penyebab Kematian Petugas KPPS

Abadikini.com, TANGERANG – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Jumat, 17 Mei 2109. Kedatangan tersebut untuk menyelidiki penyebab delapan petugas KPPS dan Linmas meninggal saat Pemilu 2019.

Komisioner Komnas HAM Amiruddin Alrahab mengatakan, kedatangannya bertemu dengan keluarga almarhum untuk mengumpulkan data. Nantinya, data tersebut akan disimpulkan sebagai penyebab kematian petugas KPPS saat Pemilu 2019 di Kabupaten Tangerang.

“Saya mendengar langsung dari anggota keluarga almarhum mengenai kesehatan, kebiasaan mereka. Yang saya dapatkan ini ada yang meninggal pada hari H di 17 April 2019, bahkan ada yang dua minggu setelahnya,” ujar Amiruddin, di KPU Kabupaten Tangerang.

Amiruddin menjelaskan, dikutip Medcom, selain mendata riwayat kesehatan korban, pihaknya juga mendata kebiasaan korban setelah dan sebelum pelaksanaan pesta demokrasi. Data yang didapat dianggap penting, karena bisa menjadi benang merah muasal kematian petugas pengawal demokrasi.

“Semua yang saya datangkan ke-6 provinsi dan beberapa kabupaten, pokoknya seputar tentang riwayat kesehatan dan aktivitas almarhum sebelum dan setelah tanggal 17,” jelasnya.

Amiruddin mengaku, belum bisa membocorkan kemungkinan sebab kematian petugas KPPS. Dia menambahkan, hasil pengumpulan data akan diumumkan di Kantor Pusat Komnas HAM.

“Kalau kesimpulan saya jawab hari ini kan belum cukup datanya untuk dapat menarik kesimpulan. Nanti tanggal 21 Mei 2019 akan saya umumkan di kantor Komnas HAM,” jelasnya.

Selain Provinsi Banten, Komnas HAM juga mengunjungi beberapa daerah yang dianggap memakan korban jiwa paling banyak saat Pemilu 2019. Sebanyak enam provinsi akan menjadi sampel penyelidikan Komnas HAM, yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan NTB.

Sementara itu, sebanyak delapan petugas KPPS tewas saat Pemilu 2019, yakni;

1. Aris Gunawan, 38, Linmas Kecamatan Teluknaga, Meninggal 17 April 2019 di TPS.
2. Asmuni, 64, Linmas Kecamatan Curug meninggal dua hari setelah Pemilu 2019 di kediamannya.
3. Subur, 63, petugas KPPS Kecamatan Cisauk meninggal dua hari setelah Pemilu 2019 di RSUD Tangerang.
4. Sarmin, 55, Linmas Kecamatan Legok meninggal tanggal 21 April 2019 di kediamannya.
5. Sukarni, 58, petugas KPPS Kecamatan Kemiri meninggal tanggal 27 April 2019 di RSUD Balaraja.
6. Kartubi, 68, Linmas Kecamatan Kresek meninggal tanggal 4 Mei 2019 di kediamannya setelah dirawat di RSUD Balaraja.
7. Oom Komana, 52, Linmas Kecamatan Pasar Kemis meninggal tanggal 8 Mei 2019 di RSUD Balaraja.
8. Petrus Suhadi, 55, petugas KPPS Kecamatan Pasar Kemis.

Editor
Sulasmi

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker