Paprika Merah Paling Kaya Nutrisi, Intip Khasiatnya untuk Tubuh

Abadikini.com, JAKARTA – Ada tiga jenis paprika yang sering ditemui, merah, kuning, dan hijau. Di antara ketiga itu, paprika merah disebut memiliki kandungan gizi paling kaya. Jika dimakan mentah, jenis cabai berukuran besar ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Paprika merah adalah sumber vitamin, antioksidan dan beberapa mineral lain yang sangat baik untuk tubuh mulai dari menyehatkan mata hingga mencegah kanker. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari paprika merah menurut Boldsky, dikutip dari Tempo, Selasa.

1. Meningkatkan penglihatan
Kaya akan vitamin A, mengonsumsi paprika merah dapat menguntungkan penglihatan Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan penglihatan di malam hari dengan cahaya yang rendah.

2. Mengontrol gula darah
Paprika merah dapat membantu mengontrol kadar gula darah karena kaya akan serat, nutrisi, vitamin, mineral dan antioksidan. Nutrisi ini memainkan peran penting dengan mencegah kenaikan kadar gula yang tidak diinginkan. Orang yang menderita diabetes dapat mengonsumsi paprika merah tanpa perlu ragu.

3. Menjaga kolesterol
Menurut berbagai penelitian, paprika merah adalah cara yang efektif untuk mengurangi kolesterol jahat dan LDL dalam tubuh. Konsumsi paprika merah secara teratur akan menjauhkan tubuh dari segala penyakit terutama jantung.

4. Mengendalikan radang sendi
Karoten dalam paprika merah membantu mengendalikan radang sendi dengan mengobati pembengkakan. Paprika merah juga dianggap sebagai obat alami untuk radang sendi. Silikon yang terdapat dalam paprika merah membantu mengelola rasa sakit dan pembengkakan. Anda bisa membuat jus paprika merah untuk menikmati khasiat penyembuhannya.

5. Menjaga pencernaan
Kandungan serat dalam paprika merah meningkatkan pencernaan serta menjaga kadar kolesterol tetap seimbang. Mengonsumsi paprika merah juga dapat membantu menyembuhkan dan mengelola sindrom iritasi usus dan sembelit.

6. Memperbaiki sistem saraf
Kandungan vitamin B6 dalam paprika merah dapat meningkatkan fungsi sistem saraf Anda dan membantu memperbaharui sel-sel saraf.

7. Mencegah kanker
Kandungan sulfur dalam paprika merah adalah cara yang efektif dalam melindungi tubuh Anda dari sel-sel radikal bebas. Sebab fungsinya adalah sebagai perisai pelindung dan menjaga tubuh dari berbagai jenis kanker.

Editor
Selly
Sumber Berita
Antara
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker