Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Senin 6 Mei

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Agama menentukan 1 Ramadan jatuh pada Senin (6/5/2019). Penetapan awal Ramadan tersebut berdasarkan hasil dari pemantauan hilal atau rukyatul hilal.

Sebelumnya hasil pemantauan hilal di 34 provinsi telah dipaparkan terlebih dahulu dalam sidang isbat di Auditorium HM. Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jalan M.H Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

“Seluruh peserta sidang isbat secara mufakat bersepakat untuk menetapkan bahwa 1 ramadan tahun 1440 Hjriah jatuh pada esok hari hari senin tanggal 6 mei 2019,” kata Lukman di Kemenag, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2019).

Lukman menambahkan, setidaknya ada sembilan petugas rukyatul hilal yang disumpah atas kesaksiannya melihat hilal. Adapun hilal terlihat di 4 derajat 30 menit 59 detik dan 5 derajat 42 menit 59 detik.

Sebelumnya, Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, Tarmizi Tohor mengatakan Kementerian Agama melalui Tim Falakiyah telah melakukan pemantauan hilal di seluruh provinsi di Indonesia.

Tarmizi mengatakan, hasil pemantauan tersebut nantinya akan dipaparkan dalam sidang isbat di Auditorium HM. Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jalan M.H Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

“Kita melakukan pantauan Rukyatul Hilal di 102 titik di Indonesia,” kata Tarmizi di Kemenag, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2019).

Editor
Irwansyah
Sumber Berita
suara

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker