Canggih, Proyek Seni Google Ini Ubah Wajah Jadi Potret Puisi

Abadikini.com, JAKARTA – Google membuat proyek seni terbaru berjuluk Poem Potraits dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan (AI). Aplikasi web ini merupakan gabungan foto selfie untuk membuat sebuah potret puisi dari wajah seseorang.

Dilansir dari The Verge, pada dasarnya proyek ini adalah filter Instagram yang dipasangkan dengan beberapa baris puisi hasil teknologi AI atau kecerdasan buatan.

Projek PoemPotraits ini sendiri adalah hasil kolaborasi antara Seni dan Budaya Lab Google, pembuat kode Ross Goodwin, dan seorang seniman serta desainer panggung terkenal bekerja di National Theatre, London, bernama Es Devlin.

Ross Goodwin membangun sebuah perangkat lunak penghasil puisi dan melatih pembelajaran mendalam pada AI untuk kumpulan besar puisi abad ke-19. Setelahnya, perangkat ini akan mencari pola dalam data dan menghasilkan teks sebagai tanggapan atas input pengguna.

Sementara itu, Es Devlin memasukkan mesin pembuat puisi kecil ini ke dalam sejumlah kerangka kerja fisik, termasuk patung singa di Trafalgar Square London dan bilik foto untuk pesta Galeri Serpentine, Inggris.

Aplikasi web ini adalah versi digital dari bilik foto dan uniknya, puisi-puisi yang dihasilkan secara acak akan membentuk kalimat-kalimat tak masuk akal namun terkadang bisa membentuk puisi mengharukan.

Akun YouTube Google Arts & Culture sendiri telah memposting video tentang aplikasi ini pada 2 Mei 2019.

Editor
Muhammad Saleh
Sumber Berita
suara

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker