Banyak Diburu, Apa Manfaat Buah Ceplukan?

Abadikini.com – Bagi Sobat Sehat yang di masa anak-anak pernah merasakan bermain di pekarangan atau kebun-kebun yang banyak ditumbuhi semak-semak dan rerumputan, pasti tak asing dengan tanaman liar yang memiliki buah unik berbentuk bulat namun tertutup rapi dengan selimut yang membungkus seluruh buahnya.

Apa lagi kalau bukan ceplukan.
Buah berwarna coklat ketika matang ini jaman dulu sering menjadi buruan anak-anak yang suka bermain di kebun-kebun atau pekarangan rumah. Karena disamping bentuknya yang memang cukup menarik, rasanya juga manis jika sudah matang. Agak asam ketika belum terlalu matang. Kini seiring dengan begitu masif-nya alih lahan kosong, pekarangan-pekarangan, hingga kebun-kebun area persawahan, tanaman ini mulai sulit ditemukan.
Alhasil, harganya melambung tinggi.
Tetapi bukan semata karena sulit ditemukan atau langka. Buah ceplukan ini ternyata memiliki banyak sekali khasiat yang berguna untuk kesehatan. Khasiat untuk kesehatan ini didapatkan dari banyaknya kandungan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sebagai informasi, di Brunei sebutir buah ceplukan harganya mencapai Rp 10.000, sementara di Jakarta harga buah ceplukan mencapai Rp 500.000/kg. Cukup mahal, tetapi apalah arti uang jika itu bisa memberikan manfaat kesehatan yang tak ternilai?
Diantara manfaat dari buah ceplukan ini adalah:
  • Mengobati Diabetes Mellitus – Buah ceplukan bisa digunakan untuk mengobati diabetes mellitus, penyakit yang saat ini menyerang siapapun tak pandang usia. Untuk mengobati diabetes mellitus menggunakan ceplukan, caranya cukup mudah yaitu ambil pohon ceplukan sekaligus akarnya. Setelah itu cuci bersih kemudian dilayukan. Setelah layu rebus seluruh pohon ceplukan dengan tiga gelas air. Setelah kira-kira tinggal segelas, saring dan diminum satu kali sehari.
  • Mengobati penyakit paru-paru, batuk rejan, radang saluran tenggorokan (bronchitis), gondongan, dan pembengkakan buah pelir – Selain diabetes mellitus, ceplukan juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan. Caranya juga tak sulit, cukup ambil pohon ceplukan sekaligus akar, daun, dan buahnya kemudian dicuci bersih, dan rebus dengan 3-5 gelas air mendidih. Setelah dirasa cukup, saring dan minum rebusan air dari pohon ceplukan tersebut tiga kali sehari.
  • Mengobati penyakit ayan – Untuk mengobati penyakit ayan, ambil 8 sampai 10 buah ceplukan yang sudah matang, kemudian dimakan secara rutin.
  • Mengobati Borok dan Bisul – Untuk mengobati borok dan bisul menggunakan ceplukan, caranya sangat mudah. Ambil daun ceplukan secukupnya, dicuci bersih kemudian dihaluskan. Setelah halus, tempelkan pada bagian yang terkena borok atau bisul. Untuk penyakit borok, tambahkan air kapur sirih pada daun ceplukan yang sudah dihaluskan sebelum dioleskan.
  • Influenza dan Sakit Tenggorokan – Bagi penderita influenza dan sakit tenggorokan, tanaman ceplukan juga bisa digunakan sebagai obat. Caranya dengan ambil tanaman ceplukan lengkap, kemudian iris-iris dan setelah itu dijemur. Setelah cukup kering, jemuran irisan ceplukan tadi dimasukkan ke dalam wadah agar tidak lembab. Setelah itu ambil irisan tanaman ceplukan tersebut secukupnya kemudian direbus. Setelah matang disaring dan minum air rebusan tersebut tiga kali sehari.
Nah Sobat Sehat, meskipun tanaman ceplukan ini terlihat ringkih tetapi ternyata memiliki banyak manfaat yang mengagumkan untuk kesehatan. Tak heran harganya kini cukup tinggi dan banyak diburu. Apakah masih ada tanaman ceplukan di lingkungan Sobat semuanya?

Editor
Selly
Sumber Berita
sobatsemangatsehat
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker