Tak Mau Ambil Pusing Ijtima Ulama, Begini Tiga Saran Penting SBY untuk Hasil Pemilu

Abadikini.com, SINGAPURA – Di tengah situasi panas menanti penghitungan suara Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta dua kubu kandidat Pilpres dan pendukung menahan diri dengan menekan ego masing-masing.

“Setidaknya ada ruang dialog untuk meredam,” pesan SBY di National University Hospital (NUH) Singapura, Jumat (3/5/2019).

Pernyataan SBY disampaikan di hadapan sejumlah tokoh Gerakan Suluh Kebangsaan dan tokoh masyarakat yang menjenguk istri SBY, Kristiani Herawati alias Ani Yudhoyono, yang tengah menjalani perawatan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Tokoh yang menjenguk Ibu Ani antara lain Istri Presiden Gus Dur Nyai Shinta Nuriyah Wahid dan putrinya, Alissa Wahid, mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, mantan Meneg BUMN Dahlan Iskan, rohaniawan Romo Benny Susetyo dan tokoh lainnya. Kedatangan tokoh-tokoh ini disambut SBY dan putranya Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) serta politisi Partai Demokrat Amir Syamsuddin.

SBY kembali berpesan untuk membuka ruang dialog. Sebab bagaimanapun, persoalan akhir-akhir ini menyangkut kepentingan bangsa yang harus diutamakan.

“Tentu kita tidak bisa berharap sekali dialog akan menghasilkan suatu solusi, tapi perlu terus menerus mengedepankan upaya rekonsiliasi,” ungkap SBY.

Ada tiga saran dari SBY untuk mencari jalan keluar dari kegaduhan ini. Yakni compromise; take and give dan win-win solution.

Mendengar saran SBY, Mahfud MD mengamini bahwa yang diperlukan dalam situasi seperti saat ini adalah menekan ego. Ini dilakukan untuk menjaga persatuan bangsa.

“Saya berharap ada rekonsiliasi pasca Pemilihan Presiden ini,” harap Mahfud.

Di luar membahas soal masalah kondisi bangsa, Mahfud dalam kesempatan ini juga mengajak rombongan berdoa bersama untuk kesembuhan Ibu Ani Yudhoyono.

Soal kesehatan Ani Yudhoyono, menurut SBY, meskipun masih naik turun, tetapi perkembangannya cukup positif.

“Bu Ani ditangani oleh dokter yang profesional dan teknologi kesehatan mutakhir. Saya berterimakasih atas kunjungan ini,” ungkap SBY.

Editor
Tonny F

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker