Reuni Akbar dan Pelantikan IKA SRD Unesa, Bangun Sinergi Antara Kampus dan Alumni

Abadikini.com, SURABAYA – Langkah awal Ikatan Keluarga Alumni Seni Rupa dan Desain Universitas Negeri Surabaya (IKA SRD Unesa) ini tidak hanya penting dalam mewujudkan visi dan misi suatu Perguruan Tinggi.

Tapi lebih dari itu, kata Ketua Pelaksana Reuni Akbar dan Pelantikan IKA SRD Unesa periode 2019-2024, Fahril Alvin Bahri (DG06), Ikatan Keluarga Alumni dapat menjadi ujung tombak dalam meningkatkan reputasi Perguruan Tinggi di mata masyarakat, juga untuk masuk ke dunia kerja atau usaha.

“Karena Perguruan Tinggi yang berkualitas selalu ditopang oleh Ikatan Keluarga Alumninya yang mumpuni pula. Pada gilirannya akan dapat meningkatkan mutu lulusan Perguruan Tinggi tersebut,” ucapnya saat memberikan sambutan di Gedung Seni dan Desain Kampus Unesa Lidah Wetan. Kamis, (02/5/2019).

Menurutnya, Alumni adalah sebuah aset penting yang harus dirangkul dan dikembangkan oleh setiap Perguruan Tinggi. Itu penting, baik untuk Almamaternya maupun Alumninya yang hampir tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, ada yang berkiprah di luar negeri.

“Membangun Sinergi, itulah kata kuncinya. Almamater/kampus dan Alumninya harus bersinergi. Alumninya yang sukses dan tidak bisa dipisahkan dari kampus tempatnya dulu menimba ilmu. Besar atau kecil sumbangsih Almamater telah menjadi bagian dari suksesnya seoeang Alumninya,” lugas pria yang disapa akrab Alvin.

Sebaliknya, kampus yang mampu memfasilitasi dan menghargai Alumninya, apa lagi yang sudah sukses melalui wadah Ikatan Keluarga Alumni ini, maka dengan sendirinya akan dipromosikan sebagai tempat belajar yang direkomendasi.

“Sangat disayangkan, jika banyak Alumni yang sukses dan menduduki jabatan strategis, tapi tidak mampu ‘Bersinergi’ dengan kampusnya. Akhirnya kampus jalan ke mana? Alumni jalan ke mana. Tidak ada sinergi, tidak ada kepedulian,” tuturnya.

Lebih lanjut, sinergi kampus dan Alumni hari ini, mutlak harus diwujudkan, itu harga mati. Di tengah kompetisi dan dinamika peradaban yang kian sengit, sinergi kampus dan Alumni menjadi elemen yang sangat penting. Jadi, memulai membangun Sinergi antara kampus dan Alumni tidak ada kata terlambat untuk dilakukan.

“Alumni Seni Rupa dan Desain Unesa sudah menjawab itu semua dalam sebuah kegiatan Reuni Akbar dan Pelantikan IKA SRD Unesa periode 2019-2024,” pungkas Alvin.

Senada dengan Alvin, Ketua IKA SRD Unesa periode 2019-2024, Ubaidillah Efendi (SR91) mengatakan bahwa, acara ini merupakan salah satu acara pertama kali yang ada sejak 3 dekade ini.

Acara tersebut mengumpulkan Alumni SRD Unesa lintas angkatan, bazaar, dan menggambar bersama lintas angkatan mulai dari angkatan 1970-2015.

“Dengan adanya acara ini, menjadi tonggak awal bagi IKA SRD Unesa untuk bertemu kembali serta bersilaturahmi dalam bingkai kekeluargaan,” ujarnya.

Menurut Ubaidillah, disamping acara reuni akbar ini, acara ini juga menjadi momentum dimulainya Kepengurusan IKA SRD Unesa yang pertama kali ada sejak mulai berdirinya Jurusan Seni dan Desain Unesa. Dimana masa kepengurusan periode ini adalah 2019-2024 sesuai Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh IKA Unesa Pusat.

Acara ini juga menjadi tonggak awal bersinerginya antara Alumni dengan kampus. Yang dengan adanya sinergi ini, kedepan antara Alumni dengan Kampus akan bersama-sama saling membesarkan satu sama lain. Tentunya ini akan kami pikirkan dan agendakan dalam Rapat Kerja (Raker) IKA SRD Unesa dalam waktu terdekat ini,” tambahnya.

Masih dengan Ubaidillah, insyallah setelah acara pelantikan ini, kepengurusan ini akan ada agenda berikutnya, yakni raker, yang akan menyusun program dalam 6 tahun ke depan.

“Kami butuh ide-ide dan saran dari semua Alumni dalam pembuatan program kerja nanti. Tentunya kami akan melakukan audiensi atau silaturahmi ke seluruh Alumni serta menampung semua aspirasi, saran, dan masukan. Sehingga program kerja yang dihasilkan nantinya membawa dampak kebermanfaatan bagi semuanya,” tutup Ubaidillah.

Sebagai informasi, birokrasi Unesa yang hadir dalam acara ini, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Bambang Yulianto, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Trisakti, Ketua Jurusan Seni Rupa, Imam Zaini, dan Ketua Jurusan Desain, Dody Doerjanto, dan IKA Unesa Pusat. Turut pula dihadiri langsung oleh Dewan Pertimbangan IKA SRD Unesa, Agus Sunyoto, dan Dewan Pakar IKA SRD Unesa, Sudibyo.

Perlu diketahui, acara ini disupport oleh, Kong Sabin, Latar Ombo, Area86, Good Production, Thustel, Clink, Paragraf Indonesia, Batik Surabaya, Chicken Run, Mboknom Coffee, Hbib Cafe, dan Clarista Art. (ari)

Editor
Muhammad Saleh
Back to top button