KPU Tegaskan Tolak Rekomendasi Ijtima Ulama III Diskualifikasi Jokowi

Abadikini.com, JAKARTA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan menegaskan pihaknya tak akan tunduk kepada pihak manapun saat menjalankan tugas pada Pemilu 2019. Termasuk Ijtima Ulama dan Tokoh III yang digelar di Sentul, Bogor, Jawa Barat, kemarin.

Pernyataan Wahyu merespons salah satu rekomendasi Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional III yang meminta KPU mendiskualifikasi pasangan calon nomor 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin karena dianggap melakukan kecurangan dalam Pilpres 2019.

“KPU tidak akan tunduk kepada pihak mana pun. Itu prinsip, dari pihak mana pun kami tidak akan tunduk dan kami akan membuktikan itu. Kami juga tidak akan tunduk kepada 01 dan 02 dan siapapun. KPU hanya bertunduk kepada undang-undang,” ujar Wahyu di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Wahyu menyampaikan KPU menghargai perhatian dan pendapat para ulama di ijtima tersebut. Namun KPU tak akan menjadikannya landasan untuk membuat kebijakan.

Dia meminta semua pihak untuk menghormati hukum dan mendukung kerja KPU dalam menyelenggarakan Pemilu 2019.

“Kita minta pada semua pihak untuk memberikan kesempatan pada KPU bekerja dengan sebaik-baiknya. Jangan menekan-menekan KPU karena KPU tidak bisa ditekan oleh siapapun,” tuturnya.

Sebelumnya, Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional III meminta KPU dan Bawaslu untuk mendiskualifikasi Jokowi-Ma’ruf. Mereka beralasan paslon 01 tersebut melakukan kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif di Pilpres 2019.

“Mendesak Bawaslu dan KPU memutuskan membatalkan atau mendiskualifikasi pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 01,” kata Penanggung Jawab Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional III Yusuf Martak saat membacakan keputusan di Hotel Lorin, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/5/2019) malam.

Editor
Hendra Jayadi
Sumber Berita
CNN

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker