Lala Karmela Berbagi Tips Travelling Ramah Lingkungan

Abadikini.com, JAKARTA – Penyanyi Lala Karmela suka bertualang untuk memaknai waktu luangnya. Lala cenderung memilih wisata alam untuk mengambil jeda dari rutinitas sehari-hari.

“Liburan itu memberikan keseimbangan dalam hidup,” katanya saat sesi bincang Out Forests and Why Responsible Travel Matter bersama Greenpeace Indonesia dalam kegiatan bertema ‘Hutan Bercerita’ di Gandaria City Mall, Sabtu, 20 April 2019. Lala membagi tiga jenis menikmati liburan, yakni bersama teman, keluarga, maupun sendiri. “Semua itu tidak bisa dicampur aduk.”

Mengutip dari Tempo, Menurut Lala Karmela, wisata alam mampu membangkitkan energi di dalam dirinya. Dia merekam suasana alam, seperti di pegunungan atau hutan, dan semua itu membuatnya lebih nyaman. “Di kota banyak gangguan, di alam aku merasakan energi yang utuh. Itu hadiah yang sangat besar,” katanya.

Lala Karmela berbagi tips membawa perlengkapan agar nyaman selama bertualang. Bagi Lala, yang terpenting adalah nol pemborosan. “Bawa barang seperlunya dan siapkan mental,” ujarnya. Yang juga penting adalah mengurangi atau lebih baik tidak membawa produk makanan dan minuman yang dikemas dalam bahan plastik, yang bakal jadi sampah saat perjalanan.

Sikap peduli lingkungan, Lala Karmela melanjutkan, bisa dibangun kapan pun dan di mana pun, termasuk ketika bertualang. “Walau melihat bukan sampah kalian, jangan berhenti di sana. Tapi ikut juga membersihkan,” katanya. Jika tindakan itu menjadi kebiasaan, maka akan turut menjaga kelestarian lingkungan. “Kalau dilihat akan menjadi contoh. Kalau menikmati keindahan alam juga sambil menjaga, melestarikan.”

Editor
Selly
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker