Rachel Maryam Blunder, Revisi Cuitan ‘Kakbah’ Jokowi Tapi Begini Kata KBBI

Abadikini.com, JAKARTA – Kicauan Presiden Joko Widodo tentang momen dirinya memasuki Kakbah di Masjidil Haram, Makkah, ternyata menuai perhatian dari politikus Gerindra dan artis, Rachel Maryam.

Dalam cuitannya, Jokowi melalui akun @jokowi mengaku mendapatkan kehormatan bisa memasuki Kakbah. Dia mengucap syukur kepada Allah SWT atas kesempatan tersebut.

Di akhir cuitan, Jokowi memberikan salam dari Tanah Suci untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Subuh ini, saya dan keluarga mendapat kehormatan memasuki Kakbah di Masjidil Haram. Hanya ucapan syukur yang bisa saya panjatkan ke hadirat Allah SWT untuk kesempatan ini. Salam kami dari Tanah Suci untuk seluruh rakyat Indonesia,” kicau Jokowi sepert, Selasa (16/4/2019).

Cuitan Jokowi soal momen memasuki Makkah. [Twitter]
Cuitan tersebut, terutama penggunaan kata ‘Kakbah’ yang dituliskan Jokowi, ternyata menuai tanggapan dari Rachel Maryam. Dia merevisi penggunaan ‘Kakbah’ dengan ‘Kabah’.

“Kabah,” cuit Rachel Maryam melalui akun Twitter miliknya, @cumarachel.

Rachel Maryam merevisi cuitan Jokowi. [Twitter]
Niat Rachel Maryam untuk merevisi ternyata berbanding terbalik dengan apa yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut KBBI, penggunaan yang baku adalah Kakbah. Jadi Jokowi benar.

“n bangunan suci yang dibangun oleh Nabi Ibrahim a.s. dan Ismail a.s., terletak di dalam Masjidilharam di Mekah, berbentuk kubus, dijadikan kiblat salat bagi umat Islam dan tempat tawaf pada waktu menunaikan ibadah haji dan umrah,” demikian tertulis di KBBI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Editor
Selly
Sumber Berita
Suara

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker