Rahasia Kehidupan Para Selir Kuno Yang Menyedihkan

Dalam banyak budaya kuno, para penguasa dan anggota masyarakat elit tidak hanya memiliki istri, mereka juga memiliki selir. Selir biasanya melayani dua tujuan, untuk meningkatkan prestise pria melalui kapasitasnya untuk menghasilkan anak-anak dan, tentu saja, peluang tanpa batas untuk memuaskan hasrat seksual

Sebagian besar orang mengasosiasikan selir dengan Cina kuno di mana Kaisar diketahui menyimpan ribuan selir, namun praktik mengambil selir tentu tidak eksklusif untuk Cina. Melansir Ancient-Origins, praktek mengambil selir bisa melihat kembali pada ribuan tahun lalu ke peradaban Mesopotamia kuno dan Babylonia di mana anggota elit masyarakat banyak mengambil selir dari budak, namun, istri pertama selalu mempertahankan tempat keutamaan dalam keluarga.

Di Yunani Kuno, kendati buktinya tidak cukup banyak, praktik selir muncul sepanjang sejarah Athena. Hukum menetapkan bahwa, seorang pria dapat membunuh orang lain yang tertangkap basah berusaha menjalin hubungan dengan selirnya untuk menghasilkan anak-anak gratis, yang menunjukkan bahwa anak-anak selir tidak diberi kewarganegaraan.

Di bawah hukum Romawi, selir ditoleransi karena hubungan itu tahan lama dan eksklusif. Praktek ini memungkinkan seorang pria Romawi untuk memasuki hubungan informal tetapi diakui dengan seorang wanita yang bukan istrinya, paling sering seorang wanita yang status sosialnya lebih rendah merupakan hambatan untuk menikah. Bagi orang Romawi, selir adalah budak bagi para pria muda yang dipilih oleh tuannya sebagai pasangan seksual.

Di Cina kuno, selir adalah praktik rumit di mana selir diperingkat menurut tingkat kesukaan mereka dengan Kaisar. Situasi selir berkisar dari istri semu yang dirawat dengan baik hingga pelacur yang diperlakukan dengan buruk.

Seorang selir dapat memperbaiki situasinya dengan menghasilkan ahli waris (meskipun putra-putra mereka akan lebih rendah daripada anak-anak yang sah), dan dapat naik tangga sosial sesuai dengan keinginan penguasa. Salah satu contohnya adalah Consort Wu.

Dia adalah permaisuri dan selir favorit Kaisar Zuanzong dari Tiongkok. Dikenal karena kecantikannya, ia naik ke peringkat tertinggi yang bisa dicapai selir. Setelah istri Kaisar meninggal pada 724 M, Permaisuri Wu diperlakukan seperti Permaisuri oleh semua pelayan yang tinggal di istana. Namun, yang lain tidak begitu beruntung. Jika seorang selir gagal melahirkan anak-anak, kehidupan seringkali menjadi kurang menyenangkan.

Dalam banyak cerita, selir diambil dengan paksa, tetapi ini tidak selalu terjadi. Tidak jarang dalam beberapa budaya bagi keluarga yang lebih miskin untuk menghadirkan putri mereka kepada penguasa untuk melihat apakah mereka akan dipilih sebagai selir. Ini sering melayani tujuan ganda yaitu menyingkirkan kemiskinan serta memberi putri mereka kehidupan yang nyaman, hak istimewa dan perlindungan.

Kehidupan Sehari-Hari Selir di Kota Terlarang
Kaisar Tiongkok menyimpan selir bersama mereka di Kota Terlarang dan oleh dinasti Qing ada sekitar 20.000. Para selir Kekaisaran dijaga oleh sejumlah kasim yang sama cabulnya (orang-orang yang dikebiri) untuk memastikan bahwa mereka tidak bisa hamil oleh siapa pun kecuali Kaisar.

Menghabiskan malam dengan kaisar sulit didapat karena tingginya jumlah selir yang tersedia sehingga selir akan bersaing keras melawan satu sama lain. Sementara dalam pelayanan istana tidak ada selir diizinkan untuk berkomunikasi dengan dunia luar, tidak secara langsung dan bahkan melalui surat.

Larangan ini sejauh tidak mengizinkan seorang dokter memasuki istana dan melihat seorang selir yang sakit. Penyakitnya akan dijelaskan dan resep didapat dan diberikan sesuai dengan saran dokter.

Tetapi ada beberapa situasi di mana selir akan meninggalkan istana. Sama seperti kaisar dapat menerima permaisuri sebagai hadiah dari penguasa asing, demikian pula kaisar dapat memilih untuk menyerahkan salah satu selirnya sebagai hadiah kepada penguasa asing. Namun dapat dikatakan bahwa satu penjara hanya digantikan oleh yang lain.

Beberapa selir diizinkan kembali ke keluarga mereka dengan pensiun yang memadai setelah bertahun-tahun bekerja. Periode minimum untuk melayani ditetapkan lima tahun oleh Kaisar Hongwu pada 1389. Para pensiunan bebas untuk mengejar kehidupan normal, termasuk menikah dan membangun keluarga.

Banyak selir yang terlalu tua untuk digunakan lebih lanjut karena istana kekaisaran memilih untuk dipekerjakan di istana sebagai pembantu atau mengejar kehidupan sebagai biarawati.

Salah satu bagian dari pergundikan yang tidak terlalu glamor adalah kenyataan bahwa para selir dianggap “milik” pribadi penguasa. Mereka adalah miliknya untuk dilakukan sesuka hatinya, termasuk membawa mereka bersamanya ke alam baka.

Di banyak makam bangsawan yang lebih tua, ditemukan sisa-sisa beberapa wanita dengan usia yang sama atau sedikit lebih rendah terkubur dekat dengan seorang pria lajang, indikator kuat pergundikan. Selir kekaisaran dieksekusi oleh kasim istana atau memilih untuk bunuh diri, biasanya dengan menggantung diri dengan syal sutra atau dengan mengambil racun.

Pada bagian pertama dari dinasti Ming, selir sering dikurbankan dan dimakamkan di makam terpisah di dekat kaisar yang telah meninggal. Dalam beberapa kasus, permaisuri dimakamkan hidup-hidup dalam posisi berdiri, menunggu kedatangan kaisar di akhirat.

Selir Terakhir Cina
Sebagai permaisuri terakhir Tiongkok, Li Yuqin diperbudak sejak usia 15 tahun. Ini terjadi pada tahun 1943, ketika permaisuri Pu Yi, Wan Rong, dihancurkan oleh opium, selir pertamanya menceraikannya, dan selir kedua telah wafat dalam keadaan misterius.

kehidupan para selir - male Indonesiapexels.com

Para pemikir kaisar memutuskan bahwa Pu Yi membutuhkan pendamping baru, dan dia diundang untuk mengambil foto-foto gadis sekolah setempat. Dia memilih Li Yuqin, yang dipetik dari rumahnya dan mengatakan bahwa dia pergi ke istana untuk belajar dan belajar.

Gadis muda itu tidak menyadari apa yang menantinya. “Karena saya pikir saya pergi ke sana untuk belajar, saya bahkan mengambil tas sekolah saya. Saya sangat tidak bersalah saat itu, berpikir saya bisa melarikan diri kembali jika saya tidak menyukainya. Sebenarnya itu benar-benar mustahil untuk melarikan diri,” kata Li Yuqin.

Li tetap bermurah hati dalam penilaiannya terhadap Pu Yi, yang akhirnya dibebaskan dari penjara pada tahun 1959 dan dikirim untuk bekerja di kebun raya Peking sampai ia meninggal, tanpa anak dan mengidap kanker. “Pu Yi memiliki banyak aspek, ia malu-malu, curiga, mudah tersinggung, tetapi sebagai manusia, ia juga menderita banyak rasa sakit dan kesengsaraan yang jauh lebih berat daripada orang biasa,” katanya.

.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker