Temukan Hoaks Jelang Pemilu, Langsung Lapor ke Nomor WhatsApp Ini

Abadikini.com, JAKARTA – Menjelang pemilihan umum di Indonesia, WhatsApp meluncurkan saluran telepon yang dapat digunakan masyarakat untuk melaporkan misinformasi yang merupakan salah satu karakteristik hoaks.

Nomor yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk melaporkan konten misinformasi, baik berupa teks, audio, maupun video, yaitu +62 855-7467-6701.

Dalam menyediakan saluran ini, WhatsApp bekerja sama dengan Masyarakat Anti Fitnah dan Hoaks Indonesia (MAFINDO).

Laporan ini nantinya akan membantu membangun arsip data MAFINDO tentang penyebaran

misinformasi selama periode pemilihan umum dan juga membantu jurnalis sehingga mereka dapat

mempublikasikan informasi faktual untuk masyarakat Indonesia.

Pesan-pesan tersebut akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end dan tidak dapat terlihat oleh WhatsApp.

Dalam keterangan pers pada Kamis, 4 April 2019, WhatsApp juga mengumumkan kemitraannya dengan ICT Watch untuk mendukung edukasi tentang misinformasi melalui program pelatihan Literasi Digital di 10 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta. Kemitraan tersebut juga menggandeng komunitas kreatif untuk mengembangkan stiker-stiker unik yang menyuarakan tentang misinformasi di WhatsApp.

Tantangan dari misinformasi yang viral membutuhkan kolaborasi antara perusahaan teknologi dan masyarakat. Upaya ini akan berkontribusi untuk menjaga keamanan selama pemilihan umum dengan memastikan bahwa misinformasi tidak akan terdistribusi.

“WhatsApp peduli terhadap keamanan pemilihan umum di Indonesia dan kami senang dapat bekerja sama dengan MAFINDO dan ICT Watch untuk membantu mereka mempelajari dan memberantas misinformasi. Kami mendorong para pengguna untuk berpartisipasi dalam upaya menanggulangi hoaks, baik sebelum maupun sesudah pemilihan umum,” kata WhatsApp.

“Hal ini dibangun atas komitmen WhatsApp, termasuk upaya kami mengurangi jumlah pesan yang dapat diteruskan hingga maksimal lima kali, yang ternyata dapat mengurangi 25 persen distribusi pesan terusan di WhatsApp,” tambahnya.

Sementara itu, Presidium MAFINDO, Harry Sufehmi mengatakan, “Misinformasi merupakan tantangan yang membutuhkan kerja sama yang kuat untuk menanggulanginya. Kami senang dapat bekerja sama dengan WhatsApp untuk mengidentifikasi gosip dan kami meminta seluruh pengguna WhatsApp untuk melaporkan hoaks ke nomor +62 855-7467-6701, sehingga kami dapat melakukan verifikasi dan menambahkannya ke arsip pendataan kami.”

Sedangkan Program Coordinator ICT Watch, Indriyanto Banyumurti, mengatakan bahwa pihaknya menyambut komitmen WhatsApp untuk tidak hanya mengatasi misinformasi menjelang pemilihan umum, tetapi juga menyelenggarakan program pelatihan dan interaksi yang kreatif melalui stiker untuk membantu masyarakat Indonesia dalam jangka panjang.

 

Editor
Selly Pratiwi
Sumber Berita
viva

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker