Wisata Pulau Komodo Ditutup Tahun Depan

Abadikini.com, KUPANG – Kegiatan wisata di Pulau Komodo akan ditutup mulai Januari 2020. Keputusan penutupan wisata Pulau Komodo ini disampaikan setelah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengadakan rapat bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Dari hasil rapat diputuskan Pulau Komodo ditutup sementara mulai Januari 2020,” kata Kepala Biro Humas Pemprov NTT, Marius Jelamu, Jumat, (29/3/2019) dikutip dari Tempo.com.

Penutupan ini merupakan respons dari kasus dugaan penyeludupan 41 komodo yang di jual ke luar negeri dengan harga Rp 500 juta per ekor. Kasus penyelundupan binatang yang dilindungi itu diungkap oleh Polda Jawa Timur.

Marius Jelamu menjelaskan dalam rapat bersama Direktur Jenderal Sumber Daya Alam Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu juga memutuskan penutupan hanya dilakukan di Pulau Komodo, bukan di seluruh wilayah konservasi. Penutupan ini, dia melanjutkan, bertujuan memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk melakukan konservasi untuk memastikan pasokan makanan komodo terjaga dengan baik.

Pemerintah juga akan menata alam dan lingkungan di Pulau Komodo dengan baik, misalnya dengan menanam lebih banyak pohon endemik asli Nusa Tenggara Timur di sana. “Itu rencana ke depan ketika kami mengelola Taman Nasional Komodo khusus Pulau Komodo di tahun 2020,” kata Marius Jelamu. Penutupan wisata Pulau Komodo ini juga untuk meningkatkan populasi komodo dan menjaga habitat komodo.

Editor
Sulasmi

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker