Study Referensi Pemerintah Tulungagung ke Belitung Timur

Abadikini.com, MANGGAR – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Tulungagung pada hari ini Kamis (28/3) di Kantor Bupati Belitung Timur.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung, Indra Fauzi mengatakan tujuannya ke Kabupaten Belitung Timur untuk mendapatkan studi referensi tentang pengembangan pariwisata daerah melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Lalang Kecamatan Manggar, sehingga dapat diterapkan di Kabupaten Tulungagung untuk meningkatkan pendapatan asli daerahnya.

“Kita kesini ada 2 misi, pertama ada pariwisata yang kedua Bumdes” kata Indra yang datang bersama 35 peserta dari 45 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Indra juga mengatakan pentingnya eksistensi Bumdes sebagai sumber Pendapatan Asli Desa (PAD) untuk memperdayakan ekonomi masyarakat di Kabupaten Tulungagung.

“kami ingin belajar, disana kan banyak ke pertanian diberdayakan oleh Bumdes, klo ini kan jasa pariwisata bagaimana sektor jasa di kelolah dari Bumdes ini seperti apa, ini yang mau saya pelajari, nanti kita akan coba replikasi kalau ini memang bisa ditempat kita, kita replikasi program itu, kita kan punya pantai” ujar Indra.

Kunjungan ini disambut hangat oleh Sekretaris Daerah Belitung Timur, Ikhwan Fahrozi. Beliau mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur bersyukur bahwa adanya kunjungan kerja dari Pemerintah Tulungagung.

“Sebelumnya mereka sudah punya data dan informasi tentang pulau Belitung, hari ini mereka di Belitung Timur mungkin salah satu yang akan mereka studi tiru adalah Badan Usaha Milik Desa yang ada di Desa Lalang Jaya Kecamatan Manggar, namun tidak hanya terpatok disitu saja kita bisa mempromosikan pariwisata salah satu unggulan kita yang nanti diharapkan kedepannya akan dapat menjadi PAD” kata Ikhwan.

Ikhwan juga mengatakan Belitung Timur punya banyak Spot objek wisata yang wajib dikunjungi yang tidak kalah cantiknya dengan Kabupaten Belitung.

“Pantai-pantai kita tidak kalah cantik dengan kabupten belitung, nanti kita akan melihat beberapa ikon kita seperti replika laskar Pelangi, rumah ahok, museum kata andra hirata sehingga kedepan mungkin jika rombongannya hanya kurang lebih 50 orang kedepan bisa 200 orang ke Belitung Timur’’ ujar Ikhwan.

Didampingi Sekretaris Daerah, tim tersebut mengunjungi sejumlah lokasi pariwisata yang ada di Belitung Timur. (vie)

Editor
Sulasmi
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close