Kekuatan Besar di Blok Timur Melawan NATO

Abadikini.com- Pada 14 Mei 1959, salah satu kekuatan besar dunia pada masa itu, Uni Soviet bersama tujuh negara Eropa membentuk blok militer dengan nama Pakta Warsawa. Aliansi militer buatan Blok Timur ini dibentuk dalam rangka menanggapi eksisnya aliansi militer Blok Barat bernama NATO yang dikomando Amerika Serikat.

Di hari itu, negara-negara berhaluan komunis, yakni Uni Soviet, Albania, Polandia, Rumania, Hungaria, Jerman Timur, Ceko dan Bulgaria menandatangani secara bersama-sama perjanjian pembentukan Pakta Warsawa di Kota Warsawa, ibu kota Polandia.

Sebagaimana dilansir dari BBC, tujuan utama didirikan Pakta Warsawa untuk membentuk kelompok militer yaitu demi melindungi keamanan sesama anggota. Jika ada negara luar yang menyerang anggotanya, maka negara Pakta Warsawa lainnya akan menghadang.

Selain itu, pembentukan kelompok militer di bawah pimpinan Komandan Marshal Ivan S Koven dari Uni Soviet ini disebabkan Jerman Barat bergabung ke aliansi yang bisa membahayakan stabilitas kawasan Jerman Timur.

Bagi Uni Soviet, bergabungnya Jerman Barat ke NATO (North Atlantic Treaty Organization) merupakan sebuah ancaman, sehingga wajib segera dibentuk aliansi tandingan bernama Pakta Warsawa.

“Keputusan Jerman Barat ke NATO adalah hambatan besar bagi bersatunya kedua kubu Jerman,” ujar Perdana Menteri Uni Soviet Marshal Nikolai Aleksandrovich Bulganin saat pengumuman pembentukan Pakta Warsawa, melansir dari BBC.

Bulganin mengajak negara tetangga dan juga negara Timur Tengah untuk bergabung blok militernya, demi menghalau ancaman serangan dari luar.

Selama berdiri, Pakta Warsawa dan NATO saling perang ancaman kekuatan dengan menggelar latihan militer, meski tidak sampai pertempuran yang sesungguhnya. Pakta Warsawa berdiri hingga tahun 1991.

Albania keluar dari aliansi ini pada tahun 1962 karena menilai arah kebijakan Pemimpin Rusia, Nikita Khruschev menyimpang dari ideologi Marxisme. Negeri itu kemudian hijrah ke kelompok komunis Cina. Pada 1990, Jerman Timur keluar dari Pakta Warsawa dan bergabung menjadi satu dengan Jerman Barat.

Berikutnya, Polandia dan Ceko menyusul keluar di tahun 1990 dan 1991, setelah dipimpin oleh pemerintahan yang anti-komunis. Pakta Warsawa resmi dibubarkan pada Juli 1991 dalam pertemuan yang dihadiri para pemimpin negara anggotanya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker