Wakil Bupati Beltim Monitoring Pelaksanaan Ujian Nasional

Abadikini.com, MANGGAR – Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin monitoring pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Manggar, Senin, (25/3), dengan didampingi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Yusmawandi.

Kepala Sekolah SMKN 1 Manggar, Suhardianto menerangkan pelaksanaan ujian ini digelar selama empat (4) hari hingga tanggal 25 – 28 Maret 2019 mendatang. Menurutnya, sebanyak 195 orang murid dari tiga jurusan di SMKN 1 Manggar mengikuti ujian dengan dibagi kepada 2 sesi.

“’Ada sekitar 195 siswa ikut UNBK, satu orang mengundurkan diri, jadi yang ikut ujian 194 siswa, satu orang peserta dalam kondisi sakit tetapi tetap ikut ujian dan UNBK ini di ikuti oleh para siswa dari 3 jurusan yang ada di SMKN 1 Manggar , yaitu jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan), TKR (Tehnik Kendaraan Ringan), Serta TSM (Tehnik Sepeda Motor)“ Papar Suhardianto yang biasa di panggil Gito.

Seorang pelajar SMK Negeri 1 Manggar, Belitung Timur, bernama Martha harus mengikuti UNBK hari ini di mobil ambulans. Ia terpaksa mengikuti UN karena kondisinya yang masih sakit.

Kepala SMKN 1 Manggar, Drs. Suhardianto mengemukakan anak didiknya itu mengalami kecelakaan saat pulang sekolah. Lukanya cukup parah, sehingga tidak memungkinkan untuk ujian di dalam ruang kelas.

“Ia pulang sekolah dan kecelakaan jalan. Ia rumahnya di harapan, dan sampai di tengah perjalanan kecelakaan,” katanya Gito,senin (25/3).

Ia mengatakan, kecelakaan itu terjadi tiga pekan sebelum pelaksanaan UN. Kecelakaan itu menyebabkan tulang belakang anak tersebut patah, sehingga masih belum bisa ketika harus ujian di dalam ruang kelas.

‘’Disiapkan untuk peserta yang tidak bisa ikut ujian karena kecelakaan , kita menyiapkan ruangan khusus kemudian ruangan khusus itu kita lengkapi dengan laptop segala macam dengan tempat tidur sehingga dia bisa sambil mengerjakan soalnya itu kalau dia tidak bisa duduk maka kita siapkan dengan cara baring’’ kata gito

Dikesempatan itu juga Sekretaris Dinas Pendidikan, Yusmawandi menyampaikan harapannya untuk siswa siswi yang ikut UNBK pelaksanaan ujian tidak menjadi sesuatu yang menakutkan bagi siswa siswi, tapi menjadi pemicu untuk memberikan hasil terbaik.

“Untuk ujian sekolahan semoga berjalan dengan lancar dan juga sudah di monitoring dari pak Wakil Bupati , saya berharap mereka punya peringkat yang baik untuk mereka bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, dan pemerintah daerah perlu SDM yang bagus” kata Yusmawandi.

Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin mengatakan pemerintah daerah memberikan dukungan dan bantuan fasilitasi untuk siswa sakit yang ingin ikut ujian “walaupun sebenarnya kewenangan ini kan utuh kewenangan provinsi tetapi pemerintah daerah tetap mensupport, memperhatikan, mengawasi pelaksanaan ujian nasional ini, jangan sampai ada kendala ada masalah baik karena masalah jaringan, listrik dan sebagainya karena itu tanggung jawab provinsi dan kabupaten hanya kewenangan saja di tingkat provinsi tetapi untuk masalah UAN nya ini adalah putra putri Belitung Timur yang harus diperhatikan pemerintah daerah untuk mengikuti ujian nasional ini,’’ kata Burhanudin.

Pria yang biasa dipanggil akrab Aan ini berharap mereka bisa konsentrasi dan berhasil dengan baik mengikuti ujian nasional ini.

“Mereka harus fokus harus lebih teliti dan harus lebih berhati-hati karena ini menentukan kelulusan mereka, mudah-mudahan mereka fokus dan konsen ujianlah” ujar Aan.

Editor
Irwansyah
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close